5 Hal Penyebab Ac Mobil Kurang Dingin

ac mobil tidak dinginBerkendara dengan mobil akan sangat menyenangkan jika dalam kondisi dalam ruangan yang nyaman dan sejuk. Di sinilah Ac atau pendingin ruangan sangat dibutuhkan baik di rumah maupun di dalam mobil. Namun tentu saja berbeda untuk jenis Ac yang ada di rumah dengan Ac yang terpasang di mobil.  Ac menjadi salah satu komponen yang penting dalam interior sebuah mobil untuk kenyamanan pengendara dan juga penumpangnya. Namun terkadang Ac juga mengalami permasalahan yang sering mengakibatkan Ac mobil kurang dingin.  Kurangnya dingin Ac ini bisa disebabkan oleh bermacam-macam mulai dari radiator yang jarang dibersihkan, freon yang mulai habis, atau juga disebabkan oleh cooling fan motor tidak berfungsi. Saat Ac mobil tidak dingin tentu juga mengurangi rasa nyaman Anda saat berkendara. Banyak hal yang menyebabkan Ac mobil menjadi kurang dingin seperti akibat suhu luar ruangan yang terlalu panas atau juga disebabkan oleh jumlah penumpang yang berlebih.

Beberapa Penyebab Ac Mobil Kurang Dingin

Berikut ini akan diulas terkait hal-hal yang dapat mengakibatkan Ac mobil kurang dingin, antara lain:

  1. Freon sudah habis, pemakaian freon untuk Ac mobil secara terus-menerus lama-kelamaan pasti akan mulai habis. Tanda saat freon mulai habis ialah Ac menjadi tidak dingin. Untuk menghemat freon Ac ini sebaiknya Anda kurangi kegiatan membuka kaca mobil saat Ac dinyalakan. Freon yang habis juga bisa disebabkan oleh kebocoran pada sambungan selang ac.
  2. Radiator kotor, debu mudah menempel dimana-mana termasuk radiator. Akibat radiator jarang di bersihkan dapat menyebabkan sumbatan sehingga pembuangan panas tidak optimal. Hal tersebut mengakibatkan freon yang dibutuhkan semakin banyak untuk bisa optimal.
  3. Fan belt Ac terputus, sabuk ini berfungsi untuk menyalurkan perputaran mesin kepada kompresor.
  4. Evaporator yang kotor, kipas pada permukaan evaporator seringkali menyebabkan kotoran dan juga debu terhisap kemudian masuk. Jika terjadi penumpukan debu lama-kelamaan akan mengakibatkan penyumbatan sehingga sirkulasi udara terputus. Hal tersebut menjadikan angin tidak kencang.
  5. Saluran pembuangan tidak lancar. Saat saluran tersumbat karena kotoran ini menyebabkan AC tidak begitu dingin.  Salah satu ciri saluran tidak lancar adalah adanya tetesan air di bawah dashboard.

Itulah  5 hal yang biasanya menyebabkan Ac mobil kurang dingin. Dengan Anda mengetahui penyebabnya tersebut selanjutnya Anda dapat lebih memperhatikannya kembali segi perawatannya. Semoga bermanfaat.

Related posts: