Agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa

tips kesehatanBulan Ramadhan atau sering disebut dengan bulan puasa merupakan salah satu bulan yang paling ditunggu kehadirannya oleh umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Pada bulan tersebut, setiap umat muslim wajib menjalankan perintah Allah SWT untuk menjalankan puasa wajib selama satu bulan penuh. Meskipun mendapatkan perintah untuk menjalankan puasa selama satu bulan, namun umat muslim sama sekali tidak merasakan keberatan dan justru sangat menunggu hadirnya bulan tersebut. Mengapa? Karena pada bulan inilah setiap umat muslim berlomba-lomba melakukan ibadah demi mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Fit Berpuasa Satu Bulan Penuh Di Bulan Ramadhan

Berpuasa selama satu bulan penuh bukanlah hal yang mudah dilakukan jika Anda tidak mampu menjaga kondisi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, lakukanlah beberapa hal berikut ini agar tetap fit di bulan Ramadhan:

  1. Mengatur waktu sahur dengan waktu yang tidak jauh dari terbitnya fajar sesuai dengan sunnah Rasul sehingga tubuh memiliki waktu yang cukup untuk membakar makanan saat siang hari
  2. Menghindari kebiasaan buruk yaitu tidur usai makan sahur karena tubuh akan terasa lemas di siang hari.
  3. Istirahat dan tidur yang cukup serta teratur sehingga dapat mengembalikan stamina tubuh.
  4. Mengonsumsi air putih yang cukup.
  5. Hindari makanan yang mengandung banyak gula saat sahur, karena menyebabkan tubuh lemas di siang hari. Namun, saat berbuka puasa lebih baik diawali dengan makanan manis seperti sepotong kurma.
  6. Pilihlah jenis makanan dan minuman yang bergizi untuk sahur dan berbuka puasa. Jangan lupa konsumsi buah dan sayur serta sebisa mungkin hindarilah junkfood.
  7. Melakukan olahraga ringan, sehingga mampu menjaga kebugaran tubuh, melancarkan sirkulasi darah dan oksigen, serta membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Itu dia cara yang bisa Anda terapkan saat bulan Ramadhan. Dengan melakukan 7 hal di atas, maka tubuh Anda akan tetap terasa bugar dan fit meskipun sedang dalam kondisi berpuasa. Ingatlah, bahwa berpuasa tidak boleh dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Jadi, beraktivitaslah seperti biasa serta tingkatkan ibadah Anda di bulan puasa ya!

Related posts: