Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Olah Raga

Olah raga merupakan aktivitas yang bisa menunjang kesehatan Anda, apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan secara rutin dan dengan porsi yang tepat. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan atau harus dilakukan agar kegiatan olah raga Anda bisa memiliki manfaat lebih.

Meminum Air Putih

Setelah aktivitas olah raga yang melelahkan tubuh Anda akan kekurangan cairan. Untuk mengembalikan cairan tubuh Anda, Anda perlu mengonsumsi air putih dalam jumlah yang tidak sedikit. Dengan mengonsumsi air putih maka metabolisme tubuh Anda akan berjalan dengan baik lagi, karena fungsi air di dalam tubuh juga sebagai pengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Atau jika ingin lebih afdol mengonsumsi air yang banyak mengandung elektrolit seperti air kelapa muda akan mempercepat tubuh Anda kembali ke kondisi yang prima.

Jangan Mengonsumsi Air Es

Meskipun tubuh Anda membutuhkan air dalam jumlah yang cukup banyak setelah berolah raga, akan tetapi mengonsumsi air es atau air dingin justru akan memberi dampak negatif lainnya. Mengonsumsi air dingin setelah berolah raga dapat mengakibatkan radang tenggorokan atau flu. Karena suhu tubuh yang masih panas setelah berolah raga tidak baik jika terkena air minum yang selisih suhunya cukup jauh.

Mengenakan Jaket Atau Pakaian Hangat

Saat berolah raga aktivitas tubuh kita meningkat, hal ini akan mengakibatkan suhu tubuh kita akan naik dan lebih tinggi dari biasanya. Akibat suhu tubuh yang naik kulit akan merespons dengan mengaktifkan sistem eksresi yaitu mengeluarkan keringat. Oleh karenanya setelah melakukan aktivitas olah raga suhu tubuh harus dikembalikan secara perlahan. Dengan memakai jaket atau menutupi dengan handuk maka suhu tubuh akan menurun secara perlahan sampai tercapai suhu tubuh yang normal.

Mandi

Ketika berolah raga tubuh kita berkeringat, ketika tubuh berkeringat dan menjadi lembab maka akan semakin mudah bagi debu dan kuman untuk menempel ke tubuh kita. Oleh karenanya untuk mencegah bakteri dan kuman yang menempel di tubuh kita berkembang, setelah berolah raga sebaiknya Anda mandi. Selain menghilangkan bakteri mandi setelah berolah raga juga membantu tubuh Anda menjadi lebih rileks.

Related posts: