Apakah Keseringan Bergadang Bisa Mengganggu Kesehatan?

Bagi masyarakat perkotaan, bergadang pastinya merupakan sebuah kegiatan yang tidak asing lagi. Pekerjaan yang menumpuk membuat banyak orang rela tidak tidur untuk menyelesaikannya. Namun apakah Anda sekalian tahu jika aktivitas bergadang sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh? Nah, untuk lebih memahaminya, maka kami akan mengulas perihal efek bergadang bagi kesehatan tubuh.

Beberapa Dampak Buruk Dari Bergadang

Bergadang satu dua kali memang tidak akan membawa dampak yang signifikan bagi tubuh. Namun ketika kegiatan bergadang sering dilakukan, maka dampak buruknya bisa dirasakan dengan nyata. Berikut adalah beberapa dampak yang akan timbul dari keseringan bergadang:

  • Tubuh melemah

Bergadang yang terus-menerus akan memaksa tubuh selalu beraktivitas tanpa adanya waktu istirahat. Hal ini jelas akan membuat tenaga berkurang dan kebugaran tubuh melemah. Bergadang juga berefek pada menurunnya produksi leokosit pada tubuh. Leokosit atau sel darah putih berfungsi sebagai sistem imun tubuh. Berkurangnya leokosit atau sel darah putih jelas mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang dimiliki.

  • Pusing

Begadang yang membuat kurangnya waktu tidur bisa sangat berisiko pada fungsi otak. Sel otak bisa saja mengalami kerusakan karena aktivitas yang selalu terkuras tanpa istirahat. Efek dari rusaknya sel otak bisa terasa dengan seringnya merasa pusing dan sakit kepala. Efek akan terasa di saat bangun tidur setelah bergadang.

  • Insomnia

Begadang dengan intensitas yang cukup sering membuat orang bisa mengalami gejala penyakit insomnia. Insomnia adalah penyakit mengenai kesulitan untuk tidur. Tubuh akan menyesuaikan dengan aktivitas yang selalu dilakukan. Jika hal tersebut sudah dialami, maka kembali pada jam wajar untuk tidur akan sulit dilakukan.

  • Diabetes

Diabetes bisa sangat berpotensi dialami di saat sering bergadang. Pada saat tidur tingkat gula dalam darah akan menurun. Hal itu terjadi karena gula darah banyak dipakai oleh hati untuk melakukan penetralan racun. Keseringan bergadang bisa mempengaruhi peran lemak dalam produksi insulin yang sangat penting perannya bagi penyakit diabetes. Jadi bisa dikatakan jika orang yang sering bergadang akan memiliki peluang besar mengidap penyakit diabetes.

Related posts:

by