Batik Sudah Semakin Fleksibel

Seperti pada bahasan sebelumnya jika motif parang pada batik tulis hanya bisa dikenakan oleh mereka sebagai keluarga keraton. Namun saat ini jaman sudah berubah budaya tersebut telah bergeser dan motif tersebut sudah dapat digunakan oleh kalangan apa saja dan siapa saja. Dan kini masuk dalam dunia online, batik tulis online saat ini sudah banyak menyediakan berbagai motif yang tidak hanya tradisional namun juga yang modern. Dengan demikian batik tulis semakin banyak yang menggunakannya dalam berbagai kesempatan dengan motif yang beragam namun tidak meninggalkan cita rasa seni yang tinggi.

Alasan Menggunakan Batik Saat Ini

Saat ini batik tidak hanya melulu untuk “kondangan” saja. Sebab berbagai aktivitas bahkan saat ini batik bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari, apakah itu untuk santai atau untuk piyama. Dengan demikian semakin banyak peluang bagi penjual batik tulis online untuk menjaring konsumen. Dan batik yang merupakan warisan budaya leluhur Indonesia tentunya semakin bangga mengenakan pakaian batik yang sudah sangat dikenal di manca negara. Bahkan seorang pemimpin negara seperti almarhum Nelson Mandela selalu mengenakan batik untuk berbagai kesempatan walaupun beliau tidak tinggal di Indonesia. Dan pada saat ini batik diperingati setiap tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Memang tidak diragukan lagi jika seseorang mengenakan batik akan semakin terlihat lebih anggun dan elegan dan bagi pria akan semakin terlihat gagah.

Motif batik yang saat ini semakin beragam bahkan dapat disesuaikan dengan aktivitas yang diinginkan. Selain itu saat ini banyak beredar tidak hanya batik tulis namun juga terdapat batik cap atau batik sablon yang banyak beredar dan digunakan masyarakat pada umumnya. Dan saat ini batik tidak hanya identik dengan acara “kondangan” namun sudah semakin populer dan sudah digunakan di berbagai kesempatan. Sehingga saat ini masyarakat sudah tidak malu lagi berpakaian batik karena sudah didesain sedemikian rupa sehingga sangat cocok dan sesuai dengan kesempatan yang ada. Yang akhirnya membuat batik tulis online kebanjiran pesanan.

Related posts:

by