Bisakah Hipertensi itu Dicegah? Berikut Jawabannya

tips kesehatanJika dilihat seksama, penderita hipertensi saat ini memang sangat banyak. Bahkan yang dulunya hanya diderita oleh orang-orang lansia, sekarang hipertensi sudah banyak dialami oleh para orang dewasa yang umurnya masih 30 tahun. Hal tersebut tentu sangat memprihatinkan. Pasalnya orang yang sudah terkena hipertensi akan merasa terbatasi, mulai dari aktivitasnya sampai dengan makanan yang dikonsumsi. Untuk itu banyak sekali orang yang mempertanyakan, apakah penyakit hipertensi itu bisa dicegah? Jika Anda pun bertanya, maka berikut jawabannya.

Pencegahan Dini untuk Penyakit Hipertensi

Pencegahan hipertensi itu bisa Anda mulai dengan memperhatikan kembali setiap makanan yang dikonsumsi. Pasalnya hipertensi ini penyebab utamanya dari makanan, untuk itu Anda harus tahu apa saja jenis makanan yang mulai sekarang harus dibatasi. Beberapa jenis makanan tersebut adalah, makanan yang terlalu banyak lemaknya, makanan yang rasanya terlalu asin, kemudian buah yang bisa meningkatkan tekanan darah seperti durian. Makanan-makanan seperti itu sebenarnya boleh Anda konsumsi, akan tetapi jangan terlalu sering. Pencegahan hipertensi yang kedua, dengan melakukan serangkaian aktivitas sehat. Aktivitas sehat itu seperti berolahraga. Olahraga merupakan aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang demi mendapatkan keadaan tubuh yang sehat.

Meskipun olahraga terkadang akan menyita waktu, namun jangan ragu. Pasalnya olahraga hanya akan menyita waktu selama 15 menit. Pencegahan yang ketiga, jangan pernah melupakan waktu istirahat. Apabila Anda tidak bisa memanajemen waktu dengan baik dan setiap hari kekurangan waktu tidur, hal tersebut pun bisa jadi salah satu pemicu dari adanya penyakit hipertensi. Untuk itu mulai sekarang Anda harus lebih pinter dalam mengelola waktu agar waktu tidurnya tidak kurang. Pencegahan yang keempat, Anda hindari kebiasaan buruk. Contoh kebiasaan buruk itu seperti kebiasaan merokok, kebiasaan minum-minuman beralkohol atau minuman keras, terlalu sering mengonsumsi makanan yang cepat saji. Ketiga hal tersebut jika dilakukan terus menerus pasti bisa timbulkan hipertensi. Bahkan tak hanya itu, penyakit yang lebih berbahaya bagi tubuh pun bisa muncul dengan mudah.

Related posts: