Cara Membedakan Logo Vector dan Bitmap

Untuk Anda yang gemar melakukan desain grafis, tentu Anda akan mencoba untuk mencari beberapa gambar dengan format vector seperti logo garuda Pancasila vector. Gambar vector memang banyak digunakan dalam desain Ilustration seperti desain untuk kaos, banner, logo, icon, ataupun yang lainnya. Sekarang Anda sudah dapat menemukan banyak gambar vector di internet. Akan tetapi jika Anda tidak tepat dalam memilihnya, maka Anda dapat salah memilih gambar vector. Bisa jadi yang Anda pilih merupakan gambar bitmap.

Bagaimana Cara Membedakan Logo Garuda Pancasila Vector Dan Juga Bitmap?

Jika dilihat secara sekilas logo garuda Pancasila vector dan bitmap memang tampak mirip. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan jika diterapkan dalam sebuah desain grafis. Kualitas gambar yang dihasilkan juga akan berbeda. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan dengan mudah untuk dapat membedakan antara gambar vector dan gambar bitmap:

  • Dilihat dari segi ukuran

Jika dilihat dari ukuran gambar, gambar vector akan memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan gambar bitmap.

  • Dilihat dengan zoom gambar

Jika gambar tersebut diperbesar, maka gambar vector akan memiliki kualitas yang sama atau tidak pecah. Ini akan berbeda dengan gambar bitmap yang akan pecah jika diperbesar gambarnya.

  • Dilihat dari Gradasi warna

Untuk gambar vector, maka memiliki gradasi warna yang perlu dianalisis lebih lanjut oleh desainer grafis. Berbeda dengan gambar vector yang memiliki gradasi warna yang nyata serta luwes.

  • Penyusun gambar

Untuk gambar vector disusun oleh garis dan juga kurva, sedangkan untuk gambar bitmap disusun oleh titik-titik.

  • Pengaruh resolusi

Untuk gambar vector tidak akan dipengaruhi oleh resolusi gambar. Ini berbeda dengan gambar bitmap yang akan sangat dipengaruhi oleh resolusi gambar.

Demikian di atas merupakan beberapa cara membedakan logo garuda Pancasila vector dan juga bitmap. Jika Anda ingin mendapatkan gambar dengan kualitas vector, Anda juga dapat membuatnya melalui beberapa software vector seperti Adobe Ilustration, Freehand, serta Corel Draw.

Related posts: