Cara Memberi ASI yang Benar

tips kesehatanMeskipun menyusui itu adalah hal alami yang nantinya akan dialami oleh para wanita, akan tetapi tidak jarang para ibu merasakan sulit dalam menjalankan proses itu. Namun jangan khawatir karena di sini kami sediakan langkah-langkah tentang cara dalam memberikan ASI yang benar. Dengan begitu Anda dan bayi Anda akan mendapatkan kenyamanan satu sama lain. Nah sebelum memberikan ASI, hendaknya Anda cari tempat yang paling nyaman dan rileks. Sehingga untuk menyusui dalam waktu lama tidak akan terasa seperti beban.

Langkah Menyusui yang Benar

Setelah Anda mendapatkan salah satu tempat yang paling nyaman untuk menyusui, maka Anda harus memposisikan kembali kepala bayi. Kepala bayi tentunya harus lebih tinggi daripada tubuhnya. Ini bertujuan agar si bayi jadi lebih mudah dalam menelan ASI. Di sini Anda bisa menyangganya menggunakan lengan ataupun bantal. Setelah itu baru lah Anda sejajarkan mulut bayi dengan puting. Ketika sang bayi mulai buka mulut dan ingin segera menyusu maka Anda harus mendekatkan ke puting. Tunggu lah sampai mulutnya terbuka dengan lidah ke bawah. Namun jika mulut bayi tidak membuka, Anda bisa membantunya dengan menyentuh dengan lembut ke bagian atas bibir. Nah posisi perlekatan paling baik saat menyusui adalah, perlekatan asimetris.

Perlekatan ini mulut sang bayi tak hanya menempel di puting, akan tetapi di area bagian bawah puting juga. Ini merupakan pendekatan yang terpenting ketika sedang memberikan ASI kepada bayi Anda. Tanda jika perlekatan sudah baik adalah, saat ibu tidak merasa nyeri ketika bayi menyusu dan mendapatkan ASI yang mencukupi. Namun jika memang Anda merasakan nyeri, maka lepaskan perlekatan dengan cara memasukkan kelingking ke gusi dan juga puting, kemudian coba lah untuk melakukan perlekatan kembali. Apabila perlekatannya sudah benar maka bayi pun akan menyusu dengan baik. Umumnya masing-masing bayi itu akan menyusu mulai dari 5 menit sampai dengan 40 menit, dan itu tergantung dari kebutuhannya. Apabila ini merupakan awal kali Anda menyusui dan merasa belum nyaman, jangan khawatir karena memang dibutuhkan beberapa kali untuk beradaptasi.

Related posts:

by