Cara Memilih Ayam Karkas Yang Benar

ayam frozen

Seiring dengan perkembangannya restoran dan rumah makan yang menyajikan menu ayam sebagai menu utamanya, daging ayam merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus ada dalam rumah makan tersebut. Dengan meningkatnya permintaan akan daging ayam, ini membuat keuntungan usaha ternak ayam pedaging cenderung meningkat juga. Peternak penghasil ayam karkas biasanya akan dibanjiri dengan pesanan ayam untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar akan daging yang segar. Meskipun banyaknya permintaan akan daging ayam, akan tetapi disini peternak sangat dianjurkan untuk tetap menjaga kualitas dan kesegaran dari daging tersebut. Karena tidak sedikit para penjual daging yang melakukan kecurangan dengan menjual daging yang tidak berkualitas. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan pembeli agar tidak tertipu dalam memilih daging yang berkualitas.

Beberapa  Tips Memilih Ayam Karkas Yang Berkualitas Dan Segar

Hal-hal yang perlu kita lakukan untuk dapat memilih ayam karkas yang baik dan berkualitas serta terhindar dari berbagai hal yang kurang baik yang dilakukan penjual, seperti menjual daging yang tidak segar atau bahkan menjual daging ayam yang sudah mati kemarin atau yang biasa disebut dengan tiren, diantaranya adalah karkas yang dibeli harus masih dalam keadaan utuh serta tidak cacat sedikit pun. Karena apabila ada sesuatu yang cacat bisa saja itu adalah salah satu taktik dari penjual untuk dapat menyembunyikan kekurangan dari daging karkas tersebut. Yang kedua adalah kulit dari karkas tersebut putih bersih dan juga mengkilat tidak ada memar dengan adanya pembuluh darah yang terlihat pada daging.

Hal yang perlu dilakukan dalam memilih ayam karkas lainnya ialah dengan memilih karkas yang tidak dijumpai bulu jarum pada karkas tersebut, selain itu memiliki bau yang normal layaknya ayam pada umumnya, serta tidak terlalu menyengat dan berbau busuk. Kita juga perlu memilih karkas dimana serabut otot di bagian tubuh yang dipotong seperti pada leher renggangannya besar dan tidak merata. Kemudian kita juga bisa memilih karkas yang tidak menggunakan bahan pengawet, serta tanpa ditambahkan perasa buatan biasanya adanya bahan pengawet ditandai dengan daging ayam yang penampilannya sudah tidak menarik tetapi  teksturnya masih kenyal. Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan ketika hendak memilih dan membeli daging karkas.

Related posts: