Cara Mudah Untuk Mencegah Osteoporosis

tips kesehatanPengeroposan tulang atau yang sering dikenal dengan osteoporosis ini banyak dialami oleh mereka yang terlalu banyak beraktivitas dengan beban dan juga karena faktor usia. Selain itu ada beberapa yang menjadi faktor penyebab terjadinya osteoporosis seperti badan terlalu kurus atau memiliki tubuh yang kecil. Kemudian badan terlalu gemuk atau mengalami obesitas, kurang berolahraga, kurang vitamin D, kurangnya mengonsumsi makanan yang berkalsium tinggi. Dan bagi Anda perokok maupun perokok pasif maka akan timbul masalah osteoporosis dini. Namun osteoporosis banyak dialami oleh wanita hal ini dikarenakan wanita mengalami datang bulan atau menstruasi kemudian kehamilan hingga masa menyusui. Sehingga wanita lebih banyak membutuhkan kalsium dibandingkan dengan pria.

Gaya Hidup Yang Mencegah Timbulnya Osteoporosis

Mencegah tentunya akan lebih mudah dan lebih murah daripada mengobati. Bahkan terkadang kalau sudah sakit akan sulit untuk sembuh. Karena itulah akan lebih baik jika Anda mencegah timbulnya osteoporosis agar kelak lebih nyaman dalam bergerak meski usia sudah renta. Untuk mencegahnya sebaiknya Anda mulai mengontrol berat badan untuk tidak terlalu gemuk namun juga tidak terlalu kurus. Perlu diingat adalah jangan melakukan diet yang terlalu ekstrem namun berdietlah dengan cara sehat. Karena itu konsultasikan pada dokter ahli gizi untuk memulai diet. Mulailah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung cukup kalsium untuk kebutuhan tubuh Anda. Karena setiap tubuh manusia memiliki kebutuhannya masing-masing sesuai dengan berat badannya.

Jangan lupa untuk rutin dan teratur melakukan olahraga dapat membantu mencegah penyakit pengapuran tulang. Sehingga akan membantu memberi kekuatan massa tulang Anda. Jangan takut terkena sinar matahari khususnya matahari pagi hingga jam 8. Sebab pada jam tersebut sinar matahari mengandung vitamin D yang bagus untuk tulang. Mengonsumsi suplemen kalsium juga dapat membantu menguatkan tulang. Mengonsumsi makanan sehat tentunya sangat membentuk terbentuknya tulang yang kuat sehingga terhindar dari penyakit osteoporosis. Makanan tersebut seperti ikan, daging unggas karena mengandung protein yang cukup banyak. Kemudian telur yang juga kaya akan protein sehingga dapat mencegah osteoporosis.

Related posts: