Cara Ngecek AC Mobil Sendiri Tanpa Ribet

Mobil memang menjadi alat transportasi pribadi yang paling disukai. Dengan mobil, segala pekerjaan dan juga segala aktivitas dapat bergerak dengan cepat tanpa terhambat. Sehingga, mobil yang dimiliki harus selalu tampil prima dan juga sempurna. Salah satu hal yang dapat membuat mobil tampil prima adalah dengan cara mengecek secara berkala setiap bagian dalam mobil. Hal ini mungkin sepele, namun akan memberikan dampak yang begitu luar biasa.

Salah satu bagian yang sering dianggap remeh adalah ac mobil. Padahal, ac ini adalah parameter nyaman tidaknya mobil Anda. Mobil akan nyaman jika AC-nya selalu bisa dikondisikan. Sehingga, jangan pernah lupakan ac ini sebagai bagian dari mobil Anda. Pengecekan ac harus diketahui sejak dini sehingga fungsinya akan tetap optimal sepanjang harinya.

Cara Pengecekan AC Mobil Sendiri Tanpa Keki

Cara pertama saat Anda akan mengecek ac mobil adalah dengan cara melakukan pengecekan pada bagian compressor. Bagian ini bisa dikatakan sebagai bagian vital dari ac pada mobil. Cek apakah di kompresor tersebut terdapat bercak oli atau tidak. Jika iya, maka bisa dipastikan jika terdapat kebocoran pada compressor. Begitu pula sebaliknya.

Selain itu, Anda juga harus mengecek kopling magnet. Alat ini berfungsi sebagai penghubung antara putaran mesin yang melewati puli compressor. Pemeriksaan pada bagian ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan fisik di mana dengan menggunakan magnet. Di mana magnet assembly yang dijadikan sebagai patokan akan dapat tertarik oleh ac saat ac dihidupkan. Jika tiba-tiba terdengar suara yang keras antara pertemuan besi dengan besi, maka Anda harus mewaspadai kondisi ac pada mobil yang Anda miliki.

Salah satu pemeriksaan sendiri yang tak boleh dilewatkan adalah pemeriksaan kondensor ac. Kondensor ini menjadi perhatian di mana Anda harus bisa mengecek sirip-sirip pada AC apakah basah atau tidak. Jika basah, maka telah terjadi kebocoran pada ac mobil yang Anda miliki dan juga sebaliknya. Kini, pemeriksaan AC tak hanya bisa dilakukan di bengkel saja karena Anda secara pribadi juga dapat melakukan hal ini.

Related posts: