Cara Tepat dan Cepat Atasi Diare

Terserang diare memang tak menyenangkan, biasanya Anda akan dibuat bolak-balik kamar mandi olehnya. Diare bisa terjadi karena banyak hal seperti infeksi bakteri, alergi makanan atau karena penyakit usus. Meski hanya berlangsung beberapa hari, namun alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi diare hingga menyembuhkannya dengan lebih cepat.

Tips Mengatasi Diare

  • Meningkatkan konsumsi Air Putih

Saat mengalami diare, cairan dalam tubuh Anda akan banyak yang hilang. Maka dari itu Anda perlu mengkonsumsi lebih banyak air putih agar tidak mengalami dehidrasi. Hindari meminum sesuatu yang bersoda atau jus buah karena dapat memperburuk keadaan.

  • Konsumsi Makanan Yang Mudah Dicerna

Saat diare melanda, konsumsilah makanan yang padat dan rendah serat. Namun apabila Anda mengalami dehidrasi sebaiknya jangan makan makanan padat terlebih dahulu tetapi minumlah yang air banyak hingga dehidrasi Anda sembuh barulah konsumsi makanan padat.

  • Hindari Makanan Tertentu

Cara mengatasi diare berikutnya adalah dengan menghindari makanan dengan porsi terlalu besar, makanan yang susah dicerna seperti makanan yang pedas, berminyak, berlemak dan manis. Makanan yang direkomendasikan saat mengalami diare antara lain seperti roti, biskuit, telur, daging ayam dan nasi putih.

  • Probiotik

Probiotik mengandung strain bakteri hidup, mirip dengan bakteri sehat yang biasa ditemukan dalam sistem pencernaan manusia. Probiotik dapat meningkatkan bakteri sehat sehingga mampu melawan bakteri jahat dalam saluran pencernaan. Bakteri ini biasa ditemui pada produk seperti yoghurt.

Selain itu Anda juga dapat mengkonsumsi obat diare yang biasa dijual di toko ataupun apotek. Namun perlu diingat bahwa konsumsi obat tidak boleh lebih dari 2 hari. Ikuti juga tips penggunaan obat diare yang dijual bebas, tips tersebut yaitu

  • Minumlah obat diare jika diare terjadi lebih dari 6 jam.
  • Ikuti selalu petunjuk yang tertera dibungkusnya dan pastikan dosis sesuai rekomendasi.
  • Tidak disarankan untuk menggunakan obat dalam jangka panjang.
  • Hentikan konsumsi obat jika feses sudah mengental.

Nah itulah beberapa cara mengatasi diare yang dapat Anda lakukan sendiri. Semoga artikel ini dapat membantu Anda sekalian.

Related posts: