Cegukan Tak Mau Berhanti? Coba Cara Ini!

Cegukan adalah hal wajar dan sering dialami oleh setiap orang. Meski cegukan tidak dialami setiap hari, namun terkadang cegukan tersebut sulit untuk berhenti. Sehingga sangat mengganggu ketika sedang bekerja. Cegukan terjadi apabila diafragma melakukan kontraksi dengan tiba-tiba. Kemudian pada bagian laring pun melakukan kontraksi, sehingga pita suara akan menutup. Agar tidak berkelanjutan, cegukan pun perlu Anda atasi. Di sinilah tempat tepat untuk memperoleh solusi dalam mengatasinya.

Solusi Terbaik Menghilangkan Cegukan

Jika Anda merasa cegukan tidak kunjung selesai, maka bisa lakukan beberapa solusi berikut. Solusi yang ditulis kali ini sangatlah simpel dan singkat. Sehingga Anda bisa menerapkannya langsung ketika cegukan menerpa:

  • Menutup telinga

Untuk solusi pertama, ketika cegukan dan tidak mau berhenti hendaknya menutup telinga Anda. Waktu yang digunakan untuk menutup telinga pun harus cukup lama, yaitu 30 detik. Tutuplah pada area yang lunak, yaitu pada bagian belakang cuping atau bagian bawah tengkorak. Dengan melakukan ini, maka sinyal relaksasi akan muncul dan syaraf yang terhubung ke diafragma akan terhenti kontraksinya.

  • Minum air

Dalam meminum air hendaknya menggunakan sedotan. Pasalnya minum air dengan memanfaatkan sedotan akan membuat syaraf lebih merasakan rileks. Kemudian berkumur pun akan memberikan efek yang sama. Banyak orang yang telah menggunakan metode ini, kemudian cegukan dapat langsung dihentikan hanya dalam beberapa tegukan saja. Namun terkadang Anda juga harus lebih sabar karena cegukan yang dialami setiap orang akan memiliki respons berbeda.

  • Menutup telinga sembari meneguk air

Ketika kedua hal di atas belum memberi hasil sempurna, coba kombinasikan kedua cara tersebut. Anda bisa menutup telinga sembari meneguk air menggunakan sedotan. Dengan begitu frekuensi cegukan akan berkurang dan akhirnya menghilang.

  • Bernapas dalam sebuah kantong kertas

Mungkin ini adalah salah satu cara paling aneh dalam menghilangkan cegukan. Akan tetapi jika Anda pernah mencobanya pasti akan merasa ajaib. Pasalnya dengan bernapas dalam kantong kertas benar-benar memberi efek positif ketika sedang cegukan. Itu terjadi karena tekanan parsial terhadap CO2 akan meningkat, kemudian menjadikan kontak diafragma semakin dalam untuk memasukkan oksigen.

Related posts: