Cerita Dibalik Maraknya Kaos Distro

Dunia mode di Indonesia sedang memasuki masa kejayaan, dimana fashion menjadi prioritas bagi sebagian besar masyarakat. Tren fashion yang belakangan ini sedang ramai digandrungi oleh masyarakat, khususnya kaum remaja dan pemuda ialah fashion ala distro. Produsen kaos distro hampir selalu kebanjiran pesanan untuk memenuhi permintaan toko-toko clothing yang setiap harinya selalu dibanjiri oleh pelanggan. Hal ini tentunya memicu pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Namun ternyata, pada awal kemunculannya, yaitu sekitar akhir 90an hingga awal 2000an, toko-toko distro tersebut tidak hanya menjual kaos distro dan produk pakaian lainnya seperti yang kita ketahui sekarang ini. Lalu, bagaimana cerita dibalik berkembangnya dunia bisnis distro ini?

Awal Mula Keberadaan Distro

Distro sendiri di Indonesia bermula dari kota Bandung. Awalnya, distro menjual produk-produk eksklusif yang mana produk tersebut memiliki tujuan sebagai penunjuk identitas diri karena produk-produk tersebut memiliki keunikan masing-masing. Gagasan ini adalah sebagai bentuk perwujudan dari jiwa muda yang selalu ingin tampil beda.

Ide dari produk-produk distro sendiri terlahir dari minat terhadap suatu model, gaya hidup, atau hobi serupa sehingga terbentuk semacam komunitas, yang mana mereka mulai membuat produk keluaran mereka sendiri. Produk-produk tersebut meliputi pakaian seperti kaos dan juga pernak-pernik lainnya. Produsen kaos distro sendiri berasal dari daerah lokal

Selain itu, toko distro juga produk musik seperti kaset dan CD yang disukai oleh komunitas mereka sendiri beserta merchandise lainnya. Kebutuhan seperti ini tidak dapat ditemui di toko-toko biasa ataupun di mall pada masa itu sehingga hal ini mendorong mereka untuk mengunjungi distro untuk memenuhi kebutuhan mereka tersebut.

Seiring berjalannya waktu dan juga dilandasi dengan tingginya permintaan, distro-distro tersebut kian menyebar dan bertambah banyak. Namun, mereka lebih mengutamakan produk-produk fashionnya. Lalu mulailah berkembang pakaian-pakaian ala distro contohnya t-shirt atau kaos, kemeja, jaket, dan masih banyak lagi. Produsen kaos distro kebanjiran orderan karena tingginya minat masyarakat pada kaos distro sehingga memunculkan suatu rantai perekonomian dari industri fashion yang menguntungkan.

Related posts: