Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan

Terkadang seseorang harus begadang karena lembur tugas atau pekerjaan. Akan tetapi, ada yang berbeda kadang seseorang sulit tidur bukan karena harus lembut tetapi karena memang mata yang sulit terpejam dan selalu terjaga. Hal ini disebabkan oleh suatu gangguan tidur yang disebut dengan insomnia. Insomnia harus segera diatasi dengan segera agar tidak berkelanjutan.

Mengurangi Resiko Insomnia atau Sulit Tidur

Berikut ini beberapa tips agar Anda dapat terhindar dari insomnia, sehingga bahaya begadang pun dapat Anda hindari.

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih sangat baik khasiatnya untuk tubuh. Banyak mengonsumsi air putih akan menghindarkan Anda dari dehidrasi. Air putih lebih diperlukan tubuh dari pada teh atau kopi. Jika Anda yang sering insomnia karena hobi minum kopi, maka coba kurangilah dan ganti dengan air putih.

  1. Hindari Fast Food dan Makanan Berminyak

Berlebihan dalam mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan yang berminyak dapat mengganggu kesehatan.  Saat begadang Anda cenderung lapar atau ingin makan, fast food menjadi salah satu pilihan. Padahal mengonsumsi makanan minyak dan cepat saji saat malam hari sangat tidak dianjurkan. Karena akan menyebabkan penumpukan kalori dalam tubuh.

  1. Mengonsumsi Vitamin

Untuk menghindari rasa lapar saat Anda insomnia, cobalah untuk makan makanan yang terbuat dari biji-bijian atau kacang-kacangan. Makanan ini lebih baik dibandingkan makanan berat lainnya. Tetapi Anda juga harus mengontrol jumlah makanan tersebut saat begadang, karena jika terlalu banyak juga tidak baik.

  1. Olahraga Sore

Olahraga di sore hari dapat mengurangi insomnia. Dengan berolahraga energi dalam tubuh akan berkurang, sehingga tubuh menjadi lebih lelah. Dengan demikian Anda pun tidak akan kuat melek sampai malam. Insomnia pun dapat terhindar.

  1. Mandi Air Hangat

Saat tubuh Anda kelelahan akibat begadang, lebih dianjurkan untuk mandi air hangat. Mandi air hangat akan membuat tubuh merasa lebih relax. Hal ini juga dapat mengurangi resiko masuk angin akibat begadang.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi gangguan insomnia.

Related posts: