Dampak Positif Negatif Mandi Air Hangat

tips kesehatanMandi adalah aktivitas yang harus dilakukan setiap hari, hal ini dikarenakan kulit menyimpan berbagai kuman dan bakteri akibat dari aktivitas sehari-hari. Karena pori-pori yang tersumbat akan menyebabkan blemish serta racun yang menumpuk. Oleh karena itu disarankan untuk selalu mandi setelah melakukan aktivitas terutama aktivitas yang menguras keringat seperti berolahraga dan yang lainnya. Mungkin banyak dari Anda ketika mandi menggunakan air hangat. Air hangat dipilih karena diketahui dapat menghilangkan rasa letih dan juga menghilangkan rasa nyeri atau pegal-pegal di badan. Mandi dengan air hangat juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah menuju otak sehingga tidak akan mudah terserang sakit kepala atau migrain.

Manfaat Dan Akibat Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat juga mampu meredakan stress yang menyerang dan juga dapat menurunkan tingkat gula dalam darah jika berendam hingga 30 menit. Air hangat mampu membersihkan pori-pori dan mampu melembabkan kulit. Mandi dengan air hangat juga mampu memperbaiki kinerja jantung. Selain itu juga dapat merawat otot dan persendian yang cidera. Hal ini dikarenakan lancarnya sirkulasi darah karena air hangat sehingga. Mandi air hangat sebelum berolahraga sehingga Anda akan terhindar dari kram otot karena kaku dan cidera otot lainnya. Air panas yang uapnya juga bermanfaat untuk meredakan sakit batuk yang berdahak karena uapnya mampu mengencerkan dahak yang menyumbat tenggorokan.

Meskipun memiliki segudang manfaat mandi dengan air hangat tetap saja terdapat dampak negatifnya bagi kesehatan. Seperti dapat menurunkan jumlah sperma terutama pada mereka yang berendam hingga 30 menit. Hal ini dikarenakan sperma membutuhkan suhu yang dingin untuk mematangkannya. Kemudian untuk ibu hamil yang mandi dengan air yang lebih hangat bahkan cenderung panas akan berakibat buruk pada janinnya. Bahkan hingga mengakibatkan keguguran. Mandi air hangat jika tidak dibilas dengan air dingin maka akan membiarkan pori-pori kulit terbuka, hal ini akan menyebabkan jerawat. Jadi sebaiknya air yang digunakan tidak lebih dari 50ÂșC. Sebelum mandi dengan air hangat lakukan dengan menyiram tubuh dengan air dingin agar tubuh menyesuaikan dengan suhu ruangan.

Related posts: