Deteksi Dini Kanker Payudara

Sebagai seorang wanita, tentunya kita ingin memiliki tubuh yang indah. Salah satunya adalah memiliki payudara yang bagus dan sehat. Banyak produk kesehatan yang dijual untuk membentuk payudara yang indah dan sehat. Para wanita rela mengeluarkan budget untuk merawat kesehatan payudara. Semua ini dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan mempersiapkan ASI untuk buah hati. Namun, pernahkah Anda membayangkan jika payudara Anda tidak berfungsi? Sungguh suatu keadaan yang tentunya tidak Anda inginkan. Namun, tidak dipungkiri penyakit kanker payudara saat ini menduduki peringkat kedua penyebab kematian wanita setelah kanker serviks.

Cara Deteksi Dini Kanker Payudara

Kanker payudara adalah penyakit akibat dari pertumbuhan sel-sel pada payudara yang tidak terkendali. Seperti penyakit kanker yang lain, kanker payudara akan merusak sel-sel tubuh terutama payudara. Penyakit ini menyebabkan benjolan pada payudara, kerutan pada payudara, payudara berubah warna, keluar cairan dari payudara serta bentuk payudara berubah. Selain itu, penderita akan merasakan nyeri yang luar biasa pada payudara. Penyakit ini pada akhirnya bisa menyebabkan penderita kehilangan payudara. Jadi dapat dipastikan tubuh tidak sempurna lagi dan tidak bisa menjadi seorang ibu seutuhnya yaitu menyusui anak. Oleh karena itu, kita perlu waspada untuk mengenali penyakit kanker payudara sedini mungkin. Hal yang dapat kita lakukan adalah melakukan SADARI atau periksa payudara sendiri. SADARI adalah salah satu upaya deteksi kanker payudara yang dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan tenaga medis. Gerakan SADARI meliputi tahapan di bawah ini:

  • Berdiri di depan cermin dalam posisi berdiri siap dan lihat apakah payudara memiliki perubahan bentuk.
  • Letakkan kedua tangan di pinggang dan perhatikan bentuk payudara dari sisi kanan dan kiri.
  • Membungkuk hingga payudara terjulur ke bawah. Kemudian, meraba payudara apakah ada perubahan.
  • Angkat kedua tangan dan tautkan di belakang kepala lalu tekan, kemudian lihat kembali payudara apakah terdapat perubahan.
  • Tekan puting payudara secara perlahan menggunakan jari telunjuk, dan lihat apakah ada cairan yang keluar dari puting payudara.

Related posts:

by