Download File Lebih Cepat dengan IDM

Cara mempercepat download IDM – IDM, singkatan dari Internet Download Manager, merupakan sebuah program download manager yang sudah digunakan secara luas oleh begitu banyak pengguna internet. Software ini diklaim mampu mendownload berbagai file digital seperti video, installer, dan sebagainya, dengan lebih cepat daripada download manager bawaan browser.

Terlepas dari benar atau tidaknya klaim tersebut, yang jelas IDM memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh download manager default browser. Salah satunya adalah kemampuan IDM untuk memunculkan URL download suatu file secara otomatis. Hal ini memungkinkan untuk mendownload suatu file yang sejatinya tidak tersedia untuk diunduh.

Tips Menggunakan IDM secara Lebih Efektif

Secara mendasar, IDM bekerja berdasarkan kecepatan koneksi internet yang digunakan user. Artinya, cara kerja IDM tersebut tidak berbeda dengan download manager bawaan browser. Namun demikian, keunggulan IDM dalam hal menghasilkan URL download secara otomatis itulah yang membuat software ini banyak digunakan orang.

Selain itu, sebenarnya ada langkah khusus untuk memaksimalkan kinerja IDM agar tidak sepenuhnya bergantung pada kecepatan koneksi internet. Langkah ini bisa kita gunakan sebagai cara mempercepat download IDM sehingga mampu melampaui batas kecepatan download biasa melalui browser.

Langkah tersebut bisa kita lakukan melalui 2 cara, yang pertama adalah dengan mengatur tipe koneksi, dan yang kedua adalah mengatur pembatas kecepatan IDM.

Untuk cara yang pertama, kita bisa masuk ke bagian Options di IDM, lalu kita menuju tab Connection. Disana kita akan menjumpai pilihan tipe koneksi atau Connection Type. Pilih tipe koneksi High Speed, kemudian kita atur nilai maksimum koneksi menjadi 32 atau 16.

Lalu cara kedua, kita bisa mengatur batas kecepatan IDM, dengan masuk tab Download di bagian menu bar IDM, lalu kita masuk ke opsi Speed Limiter. Aktifkan speed limiter, serta atur juga speed limit IDM menjadi 2000 kb/s.

Dengan dua metode diatas, kita bisa mengoptimalkan kinerja IDM yang kita gunakan, sehingga IDM tidak lagi seratus persen bergantung pada kecepatan koneksi internet kita. Kedua cara mempercepat download IDM tersebut bisa memaksa software tersebut untuk bekerja lebih maksimal. Selamat mencoba!

Related posts: