Ethereum, The Next E-commerce

Ethereum sebuah kata yang masih sangat asing di telinga kita, bagaimana itu bisa menjadi bisnis e-commerce masa depan? Sedangkan kita masih belum tahu cara kerjanya, atau bahkan kita masih belum tahu kurs ethereum rupiah.

Apa Itu Ethereum

Ethereum diciptakan dan diperkenalkan pertama kali oleh Vitalik Buterin. Sama halnya dengan bitcoin ethereum juga memiliki jaringan blokchain yang tersebar di seluruh dunia dan sama-sama terdesentralisasi pada masing-masing penggunanya. Hanya saja pada bitcoin blokchain hanya difungsikan sebagai currency atau pertukaran saja, padahal masih banyak fungsi lain yang bisa dijalankan oleh blokchain. Ethereum memanfaatkan kegunaan blokchain lebih luas dibandingkan bitcoin, salah satunya currency atau transfer ether sama seperti bitcoin. Alasan inilah yang menjadikan Ethereum sebagai bisnis E-commerce masa depan.

Bagaimana Ethereum Lebih Menguntungkan Dibanding E-commerce Mainstream

E-commerce mendapatkan keuntungan dengan cara mengumpulkan penjual dan pembeli pada satu marketplace. Kalau kita amati lebih lanjut untuk bisa bergabung dengan marketplace dan mendapatkan fasilitas secara lengkap maka kita akan dikenakan biaya yang harus dibayarkan. Hal itu bisa terjadi karena e-commece mainstream memiliki sistem yang sentralisasi atau diatur oleh suatu perusahaan. Pada ethereum karena sifatnya desentralisasi atau peer to peer maka transaksi hanya akan melibatkan penjual dan pembeli saja. Sistem yang seperti ini akan menguntungkan bagi kedua pihak karena tidak dibebani dengan biaya yang harus dibayarkan.

Bagaimana Mendapatkan Ethereum

Untuk mendapatkan ether sangat mudah, cukup dengan membuat akun kemudian membeli ether di situs yang sudah tersedia dengan cara mentransfer uang. Kurs ethereum rupiah sendiri untuk 1 ether senilai dengan 5.258.128,15 rupiah. Atau bisa juga dengan menggunakan mata uang digital lainnya seperti bitcoin jika Anda sudah memiliki bitcoin. Kemudian untuk menyimpan ethereum sama dengan uang digital lainnya yaitu menggunakan perangkat keras hardisk.

Platform seperti ethereum ini nantinya akan menjadi salah satu platform yang bisa bersaing dengan e-commerce mainstream. Selain karena kemudahan dengan sistem peer to peernya, ethereum juga menawarkan berbagai fitur yang bisa dinikmati tanpa harus membayar. Meskipun kurs ethereum rupiah berfluktuasi tetapi fluktuasinya tidak begitu signifikan sehingga masih dikatakan stabil.

Related posts:

by