Gangguan Pada Retina

RetinaGangguan pada selaput jala ini cukup banyak macamnya yang tentunya cukup membahayakan mata jika dibiarkan sebab akan mengalami kebutaan. Banyak gangguan pada mata termasuk juga retina yang terjadi karena faktor usia namun bisa juga terjadi karena komplikasi dengan penyakit seperti diabetes dan berbagai faktor lainnya. Sehingga tidak harus mereka yang berusia lanjut namun bisa juga mereka yang masih muda bahkan usia anak-anak. Banyak diantara gangguan atau kelainan pada mata ditangani secara medis dengan jalan operasi baik itu pengangkatan atau melakukan laser untuk mengurangi tingkat keparahannya. Untuk pengangkatan biasanya dilakukan untuk operasi katarak yang kemudian diiringi dengan pemasangan lensa buatan.

Berbagai Kelainan Pada Mata Akibat Melalui Pembuluh Darah Retina

Hal ini biasanya terjadi karena adanya perdarahan, terjadi penyumbatan pembuluh darah dan tidak adanya pasokan darah. Kelainan pada retina tersebut diantaranya adalah retinopati arteriklerotik yang terjadi karena adanya penyumbatan sebagai akibat dari penebalan dinding pembuluh darah. Penebalan terjadi karena kurangnya pasokan darah ke selaput jala. Kelainan ini memang tidak mengganggu penglihatan namun hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi gangguan pada pembuluh darah mata sehingga harus segera dilakukan tindakan pencegahan. Kemudian retinopati hipertensif yang merupakan kelainan akibat dari penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dan sebagai akibatnya membuat semakin menurunnya fungsi penglihatan dan juga mengakibatkan merembesnya darah ke dalam selaput jala tersebut. Pengobatan hanya bisa dilakukan dengan mengontrol tekanan darah.

Ada juga terjadi karena penyumbatan arteri yang menuju ke selaput jala yang bisa mengakibatkan terjadinya kebutaan secara mendadak meskipun tidak adanya rasa sakit pada mata. Penyumbatan terjadi karena adanya pembekuan darah atau adanya endapan lemak yang berasal dari sumsum tulang yang mengalami patah. Atau bisa juga terjadi karena adanya peradangan pembuluh darah pada kepala. Dan kelainan terakhir adalah adanya penyumbatan vena dimana pembuluh vena adalah pembuluh darah utama yang mengalir dari retina tersebut. Jika terjadi penyumbatan pada vena maka akan terjadi pembengkakan dan darah akan merembes ke bagian dalam selaput jala.

Related posts: