Hati-Hati Menghangatkan Makanan Sehat

tips kesehatan

Makanan hangat memang terasa lebih nikmat dikonsumsi ketimbang makanan yang sudah dingin. Hal ini lantaran banyak orang yang memang menyukai mengkonsumsi makanan hangat terutama pada cuaca yang dingin. Terkadang, karena faktor lupa ataupun kesibukan makanan kita menjadi dingin. Dan yang terjadi pastinya kita secara spontan untuk menghangatkannya entah itu menggunakan oven ataupun merebusnya kembali. Namun, perlu diingat bahwa tidak setiap makanan bisa dihangatkan begitu saja. Bahkan ada beberapa jenis makanan yang ternyata apabila dihangatkan manfaatnya berubah menjadi racun walaupun makanan tersebut termasuk dalam kategori makanan yang sehat.

Beberapa Jenis Makanan Yang Tidak Cocok Untuk Dipanaskan Kembali

Dengan memasaknya kembali supaya menjadi lebih hangat terkadang menjadi cara yang lumrah bagi sebagian orang terutama ketika melihat makanannya sudah terlalu dingin untuk dikonsumsi. Salah satu jenis makanan yang kurang cocok untuk dihangatkan kembali adalah jamur. Benar sekali, jamur memang sangat disarankan untuk langsung dimakan ketika selesai dimasak. Menghangatkannya kembali justru bisa membuat kandungan vitaminnya sirna begitu saja. Dan yang lebih berbahaya lagi adalah protein dalam jamur bisa berubah menjadi racun terutama ketika dimasak kembali. Selain jamur ternyata telur yang dihangatkan juga kurang disarankan. Karena bisa berimbas pada pencernaan kita yang akan terganggu. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi telur secara langsung ketika baru dimasak.

Menghangatkan kentang juga sama saja. Dalam waktu yang lama kentang bisa mendorong dari pertumbuhan bakteri botulisme dan juga bakteri ini tidak bisa mati hanya karena dipanaskan dalam oven. Sangat disarankan untuk tidak menghangatkan kentang ketika Anda sudah memasaknya terlalu lama. Ternyata ayam juga memiliki imbas yang sama ketika dipanaskan kembali. Adanya protein yang terdapat pada ayam bisa berubah ketika dipanaskan kembali. Berimbas nantinya pada gangguan pencernaan. Memanaskan secara aman yaitu dengan memperhatikan bahwa ayam tersebut benar-benar matang. Bayam juga sama, dipanaskan kembali bisa menyebabkan bayam bisa menimbulkan sifat karsiogenik. Nah, bagi Anda yang suka memanaskan nasi sebaiknya kebiasaan ini juga dihilangkan dan bisa mengakibatkan diare karena keracunan.

Related posts: