Hindari Rabun Jauh? Lakukanlah Langkah Berikut!

tips kesehatanMemiliki sepasang mata yang sehat alias normal pasti keinginan semua orang. Pasalnya ketika mata sudah terganggu kesehatannya, pasti tidak akan nyaman untuk melihat. Salah satu penyakit mata yang paling banyak dialami saat ini adalah rabun jauh. Rabun jauh ini akan disebut juga sebagai miopi. Penderita rabun jauh ini kebanyakan merupakan anak-anak remaja hingga para orang dewasa. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya rabun jauh. Jika Anda tidak menginginkan penyakit tersebut menyerang mata, maka hindarilah sejak dini. Untuk menghindarinya, berikut ada tips-tips tertentu yang dapat dilakukan. Tips pertama, hindarilah membaca di sebuah ruangan yang kurang akan cahaya. Banyak remaja yang membaca di tempat remang-remang, padahal itu membuat mata menjadi pegal.

Pasalnya jika membaca di ruangan yang remang-remang, maka otot mata bekerja dengan lebih keras. Akhirnya rasa pegal pun akan dialami dan jika itu diulangi terus menerus, rabun jauh akan dialami. Tips kedua, jangan membaca sembari tiduran. Sama halnya dengan membaca di tempat yang remang, membaca buku sembari tiduran juga menyebabkan otot mata bekerja lebih berat. Sehingga mulai sekarang, tempat terbaik untuk membaca adalah ruangan yang terang dan sembari duduk. Tips ketiga, jangan terus menatap layar handphone serta komputer/laptop/PC. Sekarang setiap orang bisa habiskan waktunya hanya untuk menatap layar smartphonenya. Padahal dari layar smartphone tersebut akan menimbulkan radiasi yang bahaya untuk mata. Sehingga cobalah untuk berhenti sejenak untuk mengistirahatkan mata.

Tips keempat, Anda bisa memberikan suplemen untuk mata dengan konsumsi berbagai makanan yang mengandung Vit A. Vit A memang akan menyehatkan mata. Untuk mendapatkannya, Anda bisa konsumsi makanan seperti toman, wortel dan sebagainya. Untuk tips kelima, jangan terlalu dekat menatap televisi. Jika Anda sedang menonton acara televisi ataupun bermain game, hendaknya Anda berjarak 1 meter dari televisinya. Pasalnya jika jarak mata dengan televisi itu terlalu dekat, akan mengakibatkan kerusakan mata berupa miopi. Jika miopi tersebut dialami, maka Anda pun akan kesulitan ketika membaca tulisan serta benda yang jaraknya jauh.

Related posts: