Ide Membuka Usaha di Desa yang Berpotensi

Mindset yang berkembang di kalangan masyarakat adalah, jika Anda ingin berbisnis, maka pergilah ke kota. Sebenarnya mindset seperti ini tidaklah sepenuhnya benar. Terlebih di zaman modern sekarang, di mana bisnis sebenarnya bisa dilakukan di mana saja. Termasuk di lingkungan pedesaan sekalipun.

Peluang Usaha di Desa yang Menjanjikan

Membuka usaha atau bisnis di desa, bukanlah hal yang tidak mungkin. Bahkan justru dengan membuka usaha di pedesaan kita bisa meraup keuntungan yang besar, karena masih minimnya persaingan.

Tapi tentu saja ide bisnis atau usaha di pedesaan haruslah berbeda dengan di perkotaan. Hal ini melihat dari segi segmen pasar, atau tipe masyarakat pedesaan itu sendiri. Daya beli mereka tentu lebih rendah. Namun kebutuhan akan bertahan hidup tetap ada. Berarti bukan tidak mungkin mereka tidak membeli.

  1. Usaha kuliner

Orang pedesaan biasanya lebih suka memasak sendiri di rumah dibanding membeli jajan. Namun jangan salah, jika kita bisa melihat peluang, kita bisa mengembangkan bisnis kuliner di sana. Tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan makan masyarakat desa. Misalnya usaha lauk pauk dengan harga murah, usaha warung kopi untuk para petani dan peternak, sampai usaha jajanan untuk anak-anak sekolah.

  1. Membuat produk olahan susu

Jika di desa Anda banyak dijumpai peternak susu perah, ini bisa jadi peluang usaha bagi Anda untuk menjual produk dari olahan susu itu sendiri. Harga bahan pokok susu di sana tentu cenderung lebih murah. Jika kita bisa mengolahnya dengan baik, kita bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi di kota.

  1. Usaha rental komputer atau warnet

Akses komputer dan internet di desa masih minim. Namun sebenarnya masyarakat desa juga membutuhkannya. Ini bisa jadi peluang usaha yang bagus untuk Anda. Konsumennya bisa para siswa atau anak-anak usia sekolah di desa, sampai masyarakat umum yang butuh akses internet dan komputer.

  1. Usaha paket internet dan pulsa

Semua orang saat ini butuh akses internet. Terlebih sebagian besar orang sudah punya Hp sendiri. Membeli paket data atau pulsa menjadi kebutuhan pokok bagi mereka agar tetap bisa berkomunikasi.

Related posts:

by