Ini Dia Manfaat Makanan Rumahan

Pemberian MPASI sudah bisa dilakukan saat anak berusia 4 bulan. Dianjurkan dalam memberi MPASI memperhatikan bahan-bahan yang digunakan. Ada beberapa bahan yang tidak boleh dikonsumsi bayi yang baru memulai mengkonsumsi makanan pendamping seperti makanan yang mengandung nitrat. Maka dari itu, sebaiknya MPASI dibuat sendiri. Kali ini ada ulasan mengenai manfaat Resep MPASI rumahan.

Apa saja kelebihan MPASI rumahan?

Resep MPASI rumahan pasti memiliki keunggulan pada kualitas bahan yang digunakan. Saat membuat MPASI sendiri, kita akan mengetahui kualitas bahan yang digunakan dan campuran apa saja yang ada dalam MPASI. Sayangnya, makanan bayi instan biasanya mengandung banyak sodium yang tidak bagus untuk kesehatan bayi. Makan masakan rumahan bisa mengurangi kandungan sodium dalam makanan bayi.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat membuat MPASI sendiri di rumah:

  • Kehigienisan terjamin

Seberapa higienis Anda akan mempengaruhi seberapa bersih makanan yang Anda buat. Anda bisa menjamin kebersihan makanan. Berbeda saat kita membeli makanan jadi atau instan, kita tidak tahu bahan apa saja yang ada dalam makanan tersebut.

  • Kandungan sodium rendah

Makanan kemasan biasanya mengandung banyak sodium. Hal ini tentu tidak bagus bagi kesehatan bayi. Maka, MPASI rumahan bisa mengatasi hal tersebut karena kandungan sodiumnya yang rendah bahkan memang tidak ada. Jadi, makanan MPASI amat untuk bayi.

  • Lebih variatif

Jika Anda suka berinovasi, maka MPASI Anda bisa Anda modifikasi dengan bahan-bahan yang ada. Makanan yang bervariasi membuat bayi tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja. Selain itu, bayi juga mendapat lebih banyak nutrisi dari bahan-bahan yang berbeda-beda tiap waktunya.

Selain itu MPASI rumahan Anda bisa bebas dari kandungan gula, garam ataupun penyedap rasa. Karena, MPASI sebaiknya jangan diberi garam, gula ataupun penyedap rasa. Jadi rasa yang diberikan pun benar-benar asli dari bahan.

Resep MPASI rumahan lebih bermanfaat dan bernutrisi dibandingkan makanan instan. Pasalnya, makanan istan lebih banyak mengandung gula dan juga pengawet di dalamnya sehingga kurang baik dikonsumsi oleh bayi.

Related posts: