Jaga Kadar Kolesterol Dengan Cara Ini

Semua orang tentu memiliki kadar kolesterol yang berbeda-beda, hal ini juga karena faktor gaya hidup yang diterapkan seseorang. Kolesterol memiliki dua jenis yaitu high density lipoprotein yang membawa kolesterol baik ke dari tubuh ke hati untuk di eliminasi oleh tubuh sedangkan yang satunya adalah low density lipoprotein yang merupakan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Setiap orang tentunya menginginkan kadar kolesterol mereka tetap pada batas aman. Namun tingginya kadar kolesterol tidak bisa dilihat secara langsung, perlu adanya tes darah sehingga baru bisa diketahui berapa kadar kolesterol seseorang.

Menjaga Tubuh Terhindar Dari Kolesterol Tinggi

Nah untuk menjaga kadar kolesterol tetap aman maka banyak hal yang perlu dijaga dan dilakukan untuk tubuh kalian. Berikut ini beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kadar kolesterol tetap aman.

  1. Pilih konsumsi makanan yang sehat untuk jantung

Pilihlah berbagai jenis makanan yang mengandung lemak rendah seperti susu skim, buah sayuran, kacang – kacangan, ikan dan gandum. Terapkanlah konsumsi makanan sehat dalam menjaga kolesterol kalian dengan pilihan makanan tersebut. Kemudian disarankan kalian menggunakan minyak yang lebih sehat seperti minyak sayur serta hindari konsumsi lemak jenuh seperti susu full cream, mentega, daging merah, dan gorengan. Dengan lebih memperhatikan asupan makanan yang rendah lemak dapat membantu kalian mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Berolahraga

Aktivitas fisik seperti berolahraga sangatlah penting untuk menjaga kolesterol tetap stabil. Kalian bisa melakukan berbagai olahraga aerobik seperti berenang, bersepeda, jogging, dengan rutin melakukan aktivitas fisik tersebut selama 3 – 4 kali dalam seminggu maka hal ini sangat berdampak baik pada kadar kolesterol dalam tubuh. Ubahlah gaya hidup yang tidak sehat menjadi gaya hidup yang lebih sehat dengan rutin olahraga.

  1. Berhenti merokok

Bagi kalian yang kecanduan merokok mulailah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. berhenti merokok membantu kalian mendapatkan kadar kolesterol tetap stabil dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya lainnya.

Related posts: