Jangan Sia-siakan Bakat Menulismu! Terbitkan!

Ada beberapa orang di dunia ini yang terlahir dengan bakat menulis. Karena begitu mencintai dunia menulis, mereka pun sering menumpahkan isi hati maupun imajinasinya dalam bentuk sebuah cerita. Entah itu cerita pendek atau sebuah novel. Ada yang memanfaatkan blog atau aplikasi menulis gratis lainnya untuk melepaskan hasrat ingin menulis itu. Sungguh kegiatan yang positif.

Ditolak Penerbit? Terbitkan Bukumu Sendiri Dengan Profit Melambung!

Sikap lanjutan dari orang yang gemar menulis adalah ingin menerbitkan karya mereka dalam bentuk buku. Akhirnya mereka pun berusaha mengirim karya ke berbagai penerbit mayor. Dengan harapan naskah itu diterima dan impian untuk membukukan karya pun terwujud. Sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan itu. Ribuan naskah yang masuk di meja redaksi membuat kesempatan untuk menerbitkan buku pun semakin pupus.

Lalu bagaimana akhirnya? Sebagian menyerah.

Hei, kenapa tidak mencoba untuk menerbitkan bukumu sendiri? Tidak banyak yang tahu kan kalau sebenarnya kamu bisa memanfaatkan penerbit indie untuk melakukan self publishing? Baiklah, sekarang kamu sudah tahu. Beberapa penulis justru lebih memilih self publishing dengan alasan royalti yang bisa dinikmati sepenuhnya oleh dirinya sendiri karena mereka hanya membayar biaya cetak saja di penerbit. Padahal biaya cetak buku sebenarnya tidak semahal itu. Melakukan self publishing bisa membuat kamu mendapatkan keuntungan hingga 100% bahkan lebih loh!

Hal itu tentu berbeda jauh dengan penerbit mayor, di mana penulis hanya akan mendapatkan royalti 10% dari total penjualan. Dengan perbandingan sejauh itu, wajar saja kalau para penulis lebih suka melakukan self publishing. Selain 100% keuntungan untuk mereka sendiri, tidak ada intervensi dari pihak lain untuk mengubah naskah. Semua hal tetap ada dalam kendali penulis. Tidak ada yang mengatur ini dan itu.

Siapa bilang jadi penulis tidak bisa untung? Bahkan jika ingin, kamu juga bisa membuat penerbitan sendiri dan mencari naskah-naskah yang banyak bertebaran di aplikasi baca gratis atau pun blog. Semua tinggal bagaimana kecakapanmu mengelola semuanya, termasuk membicarakan sistem bagi royalti.

Related posts:

by