Jenis Ikan Lele Yang Umum Dibudidaya

Budidaya Ikan Lele

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan lele merupakan salah satu ikan air tawar yang paling diminati terbukti dengan adanya warung makan yang menyediakan menu olahan ikan lele sebagai menu andalannya. Hal ini yang mendorong petani ikan beralih ke budidaya ikan lele. Budidaya ikan berkumis ini termasuk bisnis yang terbilang cukup menjanjikan, lho. Tahukah Anda jenis lele apa saja yang umum dibudidaya oleh para petani? Mari kupas tuntas semuanya di bawah ini.

Budidaya Ikan Lele Dengan Jenis Lele Berikut Ini

Faktor lain yang mendorong petani memulai budidaya ikan lele adalah karena ikan lele cukup mudah dibudidaya dan tingkat keberhasilannya nyaris sempurna, yaitu 90%. Di bawah ini daftar jenis ikan lele yang paling umum dibudidayakan:

  • Lele sangkuriang

Lele sangkuriang disebut-sebut sebagai lele berkualitas unggul yang memiliki ciri fisik berwarna hitam kehijauan dan putih agak kekuningan. Kemampuan lele sangkuriang dalam hal bertelur dan daya tetas telur terbukti lebih tinggi dibanding dengan lele jenis dumbo.

  • Lele dumbo

Lele dumbo sempat menjadi primadona lele sebelum posisinya digantikan oleh lele sangkuriang. Kelebihan lele dumbo yaitu  kandungan telur lele dumbo yang terhitung lebih banyak dibandingkan dengan lele jenis lokal. Selain itu, lele dumbo sangat pesat pertumbuhannya. Dalam kurun waktu 2-3 bulan, lele dumbo dinyatakan siap panen.

  • Lele phyton

Dinamakan lele phyton karena bentuk kepalanya yang menyerupai ular phyton. Ciri fisik lain dari lele jenis ini yaitu kepala yang lebih besar, mulut kecil dan pipih, serta gerakannya lincah. Kelebihan lele phyton antara lain kemampuan beradaptasi yang bagus sehingga angka kematian saat penebaran benih terbilang rendah.

  • Lele masamo

Lele jenis ini mungkin masih asing di telinga Anda. Kelebihan lele ini yaitu ukurannya yang lebih besar dan pertumbuhannya yang cepat, tidak gampang stress, kebal terhadap penyakit, dan tidak mudah stress.

Itulah tadi 4 jenis ikan lele yang paling umum dibudidaya oleh petani. Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis budidaya ikan lele juga? Jawabannya ada pada diri Anda sendiri, thanks for reading.

Related posts: