Jenis Ikan Yang Legal Untuk Ditangkap

penyuluh perikananApakah Anda gemar memancing ikan? Ataukah Anda memiliki profesi yang berhubungan dengan menangkap ikan di laut? Jika benar begitu, Anda harus memiliki informasi yang cukup tentang berbagai jenis ikan dan peraturan tentang penangkapannya. Dalam dunia perikanan  khususnya di Indonesia, Anda tidak boleh sembarangan menangkap ikan di laut karena ada beberapa jenis ikan yang dilindungi dan tidak boleh ditangkap apalagi dijual. Selain adanya larangan dalam menangkap beberapa jenis ikan, ada juga larangan tentang beberapa cara menangkap ikan yang dianggap dapat membahayakan lingkungan sekitar. Beberapa jenis ikan yang dilindungi biasanya merupakan jenis ikan yang kuantitasnya sedikit dan sudah jarang ditemukan.

Apa Saja Yang Dilarang Dalam Hal Perikanan?

Anda perlu mengetahui beberapa jenis ikan yang dilarang untuk ditangkap agar tidak melakukan kesalahan dalam penangkapan jenis ikan maupun cara penangkapannya karena Anda bisa terjerat kasus hukum dengan hukuman yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan atau peraturan menteri. Berikut beberapa jenis perikanan yang dilindungi misalnya ikan napoleon, ikan arwana super red, pari gergaji, pari manta, ikan raja laut, ikan hiu paus, ikan hiu koboy, ikan hiu martil dan terubuk. Jenis-jenis ikan tersebut yang perlu Anda waspadai jika mencari ikan di laut karena ikan tersebut adalah ikan yang dilindungi oleh negara dan sudah ada dalam peraturan perundang-undangan maupun peraturan menteri.

Selain jenis-jenis ikan tersebut, ada juga jenis hewan dan terumbu karang yang dilindungi oleh negara sehingga Anda perlu berhati-hati dan perlu menjauhi jenis tersebut dalam penangkapan. Misalnya beberapa jenis reptilian seperti penyu tempayan, penyu sisik, penyu pipih, penyu hijau, penyu belimbing, penyu ridel, sorak, kura-kura moncong babi dan masih banyak lagi berbagai jenis kura-kura lain dan reptilian lainnya yang masuk dalam hewan yang dilindungi. Selain berbagai jenis ikan dan reptilian ada juga hal lain yang dilindungi oleh negara, misalnya berbagai jenis Anthozoa, bermacam-macam Molusca, mamalia laut seperti dugong, beberapa jenis pesut dan paus. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi penyuluhpi.blogspot.com yang menyediakan beragam informasi seputar dunia ikan.

Related posts: