Jenis Paving Block yang Beredar

Paving block menjadi salah satu produk populer yang banyak digunakan untuk menghias taman. Banyak orang berpikir bahwa perbedaan harga paving block satu dengan lainnya adalah dari bentuk dan ukurannya saja. Padahal, paving block juga bermacam-macam berdasarkan kualitas yang dimiliki oleh paving tersebut. Ternyata pengelompokan berdasarkan mutu paving block telah lama ada.

Jenis-Jenis Paving Block

Ada 4 kelas paving block menurut SNI. Mutu A untuk paving block dengan kualitas paling tinggi dan digunakan untuk melapisi jalan (dilewati mobil, bus, dan truk). Mutu B untuk paving block yang digunakan untuk lahan parkir (tahan terhadap mobil dan sepeda motor). Mutu C merupakan kelas yang digunakan oleh paving block untuk pejalan kaki sedangkan mutu D merupakan paving yang digunakan untuk menghias taman.

Saat memilih paving block, banyak orang yang memilih harga paving block yang murah tanpa melihat kualitas dari paving block itu sendiri. Padahal, paving block dengan kualitas rendah memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan yang pertama adalah paving block cepat rusak. Paving block dengan kualitas yang rendah memiliki daya tekan yang sangat rendah sehingga sangat mudah hancur. Ini membuat Anda menjadi kesulitan dalam pemasangan produk.

Kelemahan yang kedua adalah paving block ditumbuhi lumut. Paving block diharapkan tetap dalam kondisi yang baik. Paving block dengan kualitas yang rendah memungkinkan tumbuhnya lumut karena memiliki pori-pori yang besar. Besarnya pori-pori ini biasanya disebabkan karena proses pencetakan yang dilakukan secara manual. Kelemahan yang terakhir adalah tidak tahan dengan beban berat seperti mobil, bus, dan truk.

Berbagai macam kelemahan tersebut membuat Anda harus memperhatikan secara detail paving block yang akan Anda gunakan. Pastikan bahwa paving block tersebut merupakan paving block dengan kualitas yang baik (sesuai dengan fungsi penggunaannya). Jangan sampai Anda membeli paving block dengan harga paving block yang mahal dan kualitas yang paling bagus akan tetapi hanya digunakan untuk menghias lahan taman. Ini tentu akan membuang banyak uang Anda.

Related posts:

by