Kisah Sedih Di Balik Gloomy Sunday

Gloomy SundayKonon lagu Gloomy Sunday identik dengan kisah seram yang menyangkut kematian puluhan hingga ratusan orang di seluruh dunia. Dan semua kematian yang terjadi seluruhnya adalah kasus bunuh diri yang mengenaskan. Setelah penyanyi jazz wanita legendaris Billie Holiday menyanyikan kembali lagu ini dalam bahasa Inggris dengan aransemen milik Sam M Lewis, lagu ini ternyata kembali meledak dan semakin populer di Inggris dan Amerika Serikat dengan jumlah pendengar hingga jutaan orang. Namun kesuksesan tersebut menjadi awal suramnya prestasi sebuah karya musik lagu yang tidak terduga sebelumnya. Bagai sebuah bencana, kematian demi kematian muncul di pemberitaan bagai sebuah rangkaian kematian terencana yang dibawa lagu ini.

Kesedihan Dan Depresi Setelah Lagu Gloomy Sunday Tercipta

Bermula dari kasus tewasnya kekasih Laszlo Javor selang beberapa waktu setelah lirik tersebut meledak menjadi sebuah lagu, sang gadis meninggal bunuh diri dengan meninggalkan sepucuk surat bertuliskan Gloomy Sunday. Laszlo Javor sangat terpukul akan kejadian tersebut karena tanpa disadarinya puisinya justru yang mengantar kekasihnya ke alam baka. Sejak saat itu ia sakit-sakitan dan akhirnya meninggal dunia karena terkena serangan jantung pada tahun 1956. Lain halnya dengan Rezso Seress, sang musisi yang telah mengaransemen puisi Laszlo Javor. Setelah mengorbitkan lagu ini, Rezso Seress mengalami depresi berat karena terkukung oleh perasaan bahwa ia tidak akan bisa membuat hits yang kedua. Dan benar saja, sampai akhir hayatnya ia tidak bisa menelurkan hits lagi sampai akhirnya ia bunuh diri dengan lompat dari lantai delapan apartemennya.

Bagaimana hal ini bisa terjadi hanya karena sebuah lagu Gloomy Sunday yang fenomenal pada masa itu? Beredar pemberitaan di Hongaria yang mengatakan bahwa kekasih Laszlo Javor menjadi sangat emosional dan histeris pada saat mendengar lagu tersebut. Dan perilakunya yang kemudian bunuh diri tersirat dalam sepucuk kertas yang ada di tangannya, seakan ingin memberitahukan bahwa ia sudah ada dalam seperti lagu. Semenjak itu seperti sebuah kutukan, lagu itu seperti menghipnotis pendengarnya untuk juga bunuh diri.

Related posts: