Laser Retina: Pengobatan Kerusakan Mata Terkini

pengobatan retinaMemiliki mata yang sehat tentu menjadi idaman bagi semua orang. Mata yang menjadi salah satu organ penting dalam pancaindra. Mata bertugas sebagai pancaindra penglihatan. Jika mata mengalami gangguan atau kelainan tentu akan membuat Anda kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sayangnya, hal ini belum menjadi sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mata. Kebiasaan buruk yang memicu terjadinya kerusakan pada mata adalah dengan adanya kebiasaan menggunakan ponsel, PC, dan lain sebagainya terlalu lama. Selain itu, membaca dengan cara yang salah juga dapat memicu terjadinya kerusakan pada mata. Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh harus mengandung gizi yang mampu memberikan nutrisi pada mata. Berbagai macam kerusakan pada mata dapat diobati dengan berbagai macam hal, salah satunya adalah dengan menggunakan pengobatan melalui laser retina.

Laser Retina untuk Pengobatan Kerusakan Mata

Retina yang merupakan salah satu bagian terpenting dalam mata sering mengalami masalah atau gangguan, baik yang berasal dari dalam ataupun dari luar. Retina merupakan sebuah tempat jatuhnya cahaya yang kemudian akan diolah menjadi sebuah sinyal yang akan diteruskan pada sel saraf. Jika bagian yang satu ini rusak, maka akan ada beberapa gangguan atau masalah yang muncul seperti dengan adanya pandangan kabur dan terbatasnya jarak pandang bahkan sampai kebutaan. Beberapa penyebab rusaknya retina adalah karena adanya kombinasi dengan penyakit lain (seperti diabetes), berlubangnya bagian makula, retina yang robek, serta degenerasi makula. Inovasi baru dalam pengobatan kelainan retina mata adalah dengan menggunakan laser retina.

Laser retina menjadi salah satu teknik pengobatan operasi yang dapat memperbaiki bagian retina yang robek atau lubang. Selain berfungsi untuk mengobati bagian yang rusak karena lubang dan robek, operasi laser juga akan memicu terbentuknya jaringan yang akan menompang retina mata pada bagian penyangganya. Jika keadaan robeknya retina mata dibiarkan, maka dapat menyebabkan berbagai masalah baru seperti dengan adanya ablasi (masuknya cairan ke dalam mata) yang dapat mengganggu pemandangan. Operasi laser memiliki beberapa jenis yaitu Lasik, Lasek, serta PRK.

Related posts: