Makanan Penurun Tekanan Darah

Darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyakit yang sering menghampiri ketika memasuki usia lanjut. Seseorang dikatakan hipertensi jika tekanan darahnya melebihi batas normal. Hipertensi merupakan keadaan yang berbahaya bagi tubuh. karena hipertensi bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain seperti stroke, penyakit jantung koroner hingga diabetes. Beberapa hal yang memicu hipertensi adalah pola makan yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik serta berat badan yang berlebih. Hipertensi biasanya dijumpai ketika seseorang berusia 50 tahunan. Hal ini dikarenakan hipertensi merupakan penyakit jangka panjang yang diakibatkan pola hidup tidak sehat ketika masa muda. Selain itu, keturunan juga bisa menjadi faktor risiko hipertensi.

Apa Saja Makanan Penurun Hipertensi?

Seseorang yang menderita hipertensi biasanya dilarang mengonsumsi makanan tertentu. Makanan yang biasanya tidak boleh dikonsumsi adalah olahan daging kambing dan makanan yang mengandung kadar garam tinggi. Selain itu, dokter juga menganjurkan untuk menambah aktivitas fisik seperti olahraga untuk melatih kerja jantung dan mengontrol tekanan darah yang terlalu cepat. Untuk menurunkan hipertensi, seorang pasien perlu memperhatikan asupan makan. Beberapa makanan yang bisa menurunkan hipertensi adalah sebagai berikut:

  1. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini mampu menyeimbangkan kadar natrium pada penderita hipertensi. Sehingga, pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, lobak hijau dan sawi mengandung kalium yang tinggi. Selain kalsium, kandungan kalsium pada sayuran hijau juga mampu menurunkan hipertensi. Pilihlah sayuran segar dan hindari sayuran dalam kaleng. Karena sayuran dalam kaleng biasanya ditambahkan natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah.

  1. Yogurt

Salah satu faktor penyebab hipertensi adalah kekurangan kalsium. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium seperti yogurt. Dalam 170 gram yogurt mengandung 300 mg kalsium, sekitar 1/3 dari kebutuhan kalsium yang diperlukan tubuh.

  1. Kentang

Kentang mengandung kalium dan magnesium yang tinggi. Kedua mineral ini ternyata mampu menurunkan tekanan darah. Kentang juga mengandung serat yang diperlukan tubuh.

Related posts:

by