Mengatasi Cegukan yang Terus Menerus

tips kesehatanCegukan dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius. Menurut pandangan medis, cegukan disebut singultus. Cegukan terjadi jika diafragma mengalami kejang yang tidak sesuai dengan kemauannya. Cegukan dapat terjadi jika kadar karbondioksida dalam darah pada kondisi yang paling rendah atau mengalami pemerosotan. Terjadinya cegukan tentu sangat mengganggu, karena dapat membuat diri sendiri tidak nyaman apalagi orang lain. Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan cegukan, yaitu makan makanan pedas, terlalu banyak makan, makan tergesa-gesa dan lain-lain. berikut akan dijelaskan lebih jauh mengenai penyebab cegukan.

Faktor Penyebab Cegukan

Makanan pedas dapat menyebabkan cegukan, selain itu lada dan juga cabai. Kemudian alkohol juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi cegukan, karena alkohol dapat membuat iritasi pada syaraf. Sedangkan syaraf berhubungan langsung dengan diafragma. Jika syarafnya mengalami iritasi maka akan menimbulkan kejang otot diafragma dan dapat menyebabkan cegukan. Alkohol juga sangat berbahaya bagi fungsi kesehatan lainnya. Kemudian terlalu banyak makan juga dapat menyebabkan cegukan. Hal tersebut karena makanan yang masuk akan membuat ruang diafragma sempit dan tertekan. Sehingga orang tersebut mengalami cegukan. Makan dengan tergesa-gesa dapat membuat pasokan CO2 di dalam tubuh merosot tajam atau menurun drastis. Hal ini akan menyebabkan cegukan, kemudian oksigen yang secara mendadak masuk ke paru-paru dapat mempengaruhi diafragma.

Kasus cegukan juga dapat disebabkan oleh minum air dingin setelah makan. Air dingin membuat pencernaan tidak lancar, sementara pencernaan yang tidak lancar dapat menghalangi kerja diafragma sehingga dapat menyebabkan cegukan. Kemudian perubahan suhu dalam perut juga dapat menimbulkan cegukan. Selain itu emosi yang sedang naik akan membuat diafragma kembang-kempis dan dapat menimbulkan cegukan. Untuk menghilangkan cegukan, Anda dapat meminum segelas air putih secara perlahan dan bertahap sehingga dapat mengembalikan diafragma dan dapat menormalkan diafragma agar tidak kejang. Kemudian Anda juga dapat menggunakan perasan air lemon untuk meredakan cegukan, atau dengan menahan nafas atau juga dengan menekan hidung. Kemudian mengunyah kembang gula dapat memberikan stimulus ke syaraf yang ada hubungannya dengan diafragma sehingga dapat menghentikan pemicu cegukan.

Related posts: