Mengatasi Diare Pada Anak Secara Tepat

Penyakit yang menyerang sistem pencernaan sangatlah tidak nyaman dan jika dibiarkan akan semakin parah, salah satunya diare. Diare bisa menyerang siapa saja mulai dari orang tua, remaja, bahkan diare pada anak. Gejala diare pun bermacam-macam namun yang menjadi gejala awal ketika sudah terserang diare adalah seringnya buang air besar bertekstur cair, hal ini disebabkan karena banyaknya bakteri yang masuk ke dalam perut baik melalui makanan yang kurang sehat yang telah dikonsumsi. Nah untuk itu agar penyakit diare tidak bertambah parah, sudah seharusnya melakukan pencegahan sejak dini sehingga diare bisa cepat sembuh dan badan kembali sehat. Meskipun penyakit diare berlangsung hanya beberapa hari dan bisa sembuh lagi, ada baiknya pencegahan bisa dilakukan sejak awal dan kalian mengetahui bagaimana cara mengatasi diare sehingga bisa cepat pulih.

Mencegah Diare Pada Anak

Memiliki anak yang tiba-tiba terserang penyakit diare membuat orang tua kaget dan bingung bagaimana untuk mengatasinya. Diare pada anak memang bisa kapan saja menyerang jika lingkungan dan pola hidup yang dijalani kurang sehat. Nah untuk membantu agar anak tidak mudah terserang penyakit diare, sebagai orang tua perlu melakukan pencegahan sejak dini. Caranya pun sangat beragam dan tentunya bisa kalian mulai dari perilaku hidup sehat dalam keluarga. Yang pertama ubah menu makanan, coba melihat menu makanan yang saat ini keluarga kalian terapkan. Jika ternyata menu makanan yang disajikan kurang sehat tentu kalian sebagai orang tua perlu mengubah menu makanan untuk anak agar anak mendapat asupan gizi yang sehat dan bersih.

Selanjutnya memperbanyak minum air, ketika diare tubuh akan kehilangan banyak garam dan air sehingga perlu memperbanyak minum air terutama pada 24 jam pertama. Selain itu atasi diare pada anak dengan memberikannya obat diare seperti imodium, yaitu obat anti diare yang memperlambat kejang usus.  Namun sebagai catatan mengonsumsi obat ini tidak boleh lebih dari 2 hari agar tubuh tetap sehat dan tidak terjadi masalah lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Related posts:

by