Mengenal 4 Tahap Perkembangan Kognitif Anak

Setiap manusia tentu pernah mengalami masa anak-anak. Masa kanak-kanak sendiri merupakan fase pertumbuhan dan perkembangan yang sangat penting bagi kehidupan setiap manusia. Beberapa tahap perkembangan anak yang sangat perlu diperhatikan dalam periode ini adalah perkembangan kognitif, motorik, fisik, emosional, bahasa, dan sensorik. Dalam fase ini, seorang anak akan mulai belajar menguasai berbagai keahlian tertentu dan harus menghadapi berbagai macam tugas-tugas baru. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting untuk memperhatikan berbagai proses perkembangan yang berlangsung pada hidup si kecil.

4 Tahap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Perkembangan seperti ini dapat diartikan sebagai kemampuan si kecil untuk mengerti berbagai hal atau sesuatu. Jean Piaget merupakan tokoh psikologi yang mengemukakan cognitive theory. Dalam teori tersebut, disebutkan bahwa anak-anak memiliki cara berpikir yang berbeda dari orang-orang dewasa. Pada umumnya, tahap perkembangan kognitif anak usia dini dikelompokkan menjadi empat tahap, yaitu:

  1. Tahap Sensorimotor

tahap ini berlangsung pada saat si kecil masih berusia 0-24 bulan. Tahap sensorimotor menjelaskan bahwa kemampuan si kecil hanya terbatas pada panca indera dan gerak refleks.

  1. Tahap Praoperasional

Tahap praoperasional merupakan tahap yang terjadi pada saat si kecil berusia 2-7 tahun. Pada tahap ini, anak sudah mulai masuk ke dalam lingkungan sosial. Salah satu ciri dari tahap ini adalah bahwa anak sudah bisa menggunakan operasi mental, namun jarang sekali menggunakan logika yang memadai.

  1. Tahap Operasional Konkret

Pada usia 7-11 tahun, kemampuan anak dalam mengingat dan berpikir secara logis semakin meningkat. Anak juga sudah mampu belajar menulis, membaca, dan berpikir secara rasional.

  1. Tahap Operasional Formal

Tahap yang berlangsung pada anak sejak usia 11 tahun ini menunjukkan bahwa anak sudah mampu berpikir secara abstrak dan juga menguasai penalaran. Tahap ini merupakan tahap penting dalam perkembangan anak, karena merupakan masa peralihan dari masa remaja menuju masa dewasa.

Itulah empat tahap perkembangan kognitif anak usia dini. Keempat tahap tersebut memiliki nilai yang sama pentingnya. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda harus benar-benar memperhatikan perkembangan yang berlangsung pada si kecil. Pastikan bahwa kemampuan dari si kecil berkembang dengan baik sesuai dengan usianya.

Related posts:

by