Mengenal Penyakit Amandel Dan Penanggulangannya

tips kesehatanPenyakit amandel merupakan jenis gangguan kesehatan yang dapat mengakibatkan terjadinya gangguan fungsi THT atau Telinga, Hidung dan Tenggorokan. Penyakit amandel terjadi karena adanya peradangan pada tonsilitas yang disebabkan adanya bakteri dan virus yang berlebih masuk kedalam tubuh. Amandel sendiri memiliki fungsi sebagai hansip bagi tubuh sebab amandel mampu membunuh mikro organisme dan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Juga dapat menghasilkan limfosit sebagai unsur sel darah putih. Dan amandel menghasilkan antibodi seperti imunoglobulin A untuk menghadang kuman yang masuk melalui rongga mulut sehingga kuman tersebut mati. Karena itulah amandel diletakkan pada bagian mulut bagian dalam diatas tenggorokan. Sehingga jika terjadi peradangan maka pasien akan kesulitan untuk bernapas dan menelan makanan.

Tips Mengatasi Amandel

Amandel biasanya terjadi pada anak-anak namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengalaminya. Untuk mengatasinya dengan melakukan perawatan seperti banyak minum air putih. Menghindari gorengan, minum es atau sirop dan makanan yang diawetkan seperti ikan asin atau manisan. Berkumurlah dengan air garam sebanyak 3x sehari dan mengompres leher dengan air hangat. Anda juga dapat memberikan obat antibiotik agar infeksi dapat sembuh dan ibuprofen atau paracetamol untuk badan yang panas. Untuk amandel yang sudah parah maka tindakan yang diambil adalah dengan mengangkatnya melalui operasi.

Selain itu untuk mengatasi amandel juga dapat dengan menggunakan obat tradisional. Yang pertama adalah dengan menggunakan 1 buah jus dimana sebelum ditelan jus tersebut digunakan untuk berkumur beberapa saat dengan posisi tengadah dan mulut dalam keadaan terbuka. Nanas juga dapat menjadi obat untuk amandel yang cara penggunaannya sama dengan jus jeruk. Kemudian Anda juga bisa menggunakan jus jambu biji. Dikarenakan amandel merupakan pintu gerbang dari tubuh kita yang memiliki fungsi sebagai perisai dari kuman dan bakteri maka ada baiknya untuk selalu melakukan perawatan. Hal yang bisa dilakukan untuk menghindari meradangnya amandel Anda dapat mencuci tangan sebelum makan dan minum atau selesai melakukan aktivitas di luar ruangan dan selesai membersihkan ruangan. Hindari untuk menggunakan peralatan makan bersama dengan yang memiliki penyakit amandel.

Related posts: