Mengenal Penyakit Retina Lebih Dalam

Dokter RetinaSiapa pun pasti ingin memiliki tubuh yang sehat karena saat ini biaya berobat memang cukup mahal. Jadi biasakan untuk menerapkan pola hidup sehat dan kurangi atau hindari melakukan aktivitas yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan jika tidak ingin terkena penyakit seperti penyakit retina. Penyakit yang satu ini biasanya sering dialami para orang dewasa meski begitu anak-anak pun bisa juga mengalaminya. Penyakit yang menyerang bagian mata yang lebih tepatnya retina ini pada umumnya diakibatkan oleh adanya penyakit tertentu yang diderita oleh seseorang yang berkaitan dengan saraf pada retina bagian dalam. Tetapi ada jua beberapa kebiasaan yang bisa memicu seseorang terserang kelainan pada retina ini.

Beberapa Hal Yang Menjadi Penyebab Penyakit Retina

Ada pepatah bijak yang berbunyi lebih baik mencegah daripada mengobati dan hal tersebut memang benar adanya. Jadi jika tidak ingin sampai terkenal penyakit retina ini lebih baik mengetahui apa saja yang menjadi penyebab utamanya dengan begitu bisa melakukan upaya pencegahan mengingat jika sampai penglihatan terganggu maka bisa mengakibatkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Berikut telah kami rangkum beberapa penyebab dari penyakit pada organ retina ini:

  • Kelainan pada retina ini bisa diakibatkan karena penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) yang menahun.
  • Diabetes yang menahun juga bisa memicu penyakit pada retina karena tersumbatnya pembuluh darah kecil yang disertai penyempitan vena.
  • Penyakit stroke juga bisa mengganggu saraf kecil pada retina sehingga penglihatan menjadi terganggu.
  • Terjadi pembengkakan dan penebalan pada dinding arteri yang berbentuk seperti plak.
  • Kemampuan retina mata dalam menangkap cahaya yang menurun karena terganggunya kekebalan tubuh.
  • Kebiasaan merokok juga bisa memberikan dampak buruk terhadap organ mata karena paparan asap yang mengandung nikotin terus menerus masuk ke dalam mata dan menuju retina.
  • Kolesterol yang tinggi juga bisa mengganggu aliran darah ke mata karena pembuluh darah menjadi tersumbat.
  • Terjadi penyempitan dan penyusutan pada pembuluh darah mata sehingga berakibat membengkaknya saraf optik dan kemampuan lena mata dalam menangkap cahaya menjadi terganggu.

Dengan mengetahui penyebab dari penyakit retina di atas maka sedari dini jagalah pola hidup dan jika merasa ada yang tidak beres dengan mata langsung periksakan diri ke dokter.

 

Related posts: