Menjaga Kesehatan Balita Di Musim Hujan

tips kesehatanMusim hujan adalah musim di mana banyak sekali penyakit yang bertebaran, salah satunya adalah penyakit yang rentan menyerang balita seperti demam serta influenza. Meskipun hal tersebut merupakan hal yang umum terjadi pada balita, namun sebaiknya Anda perlu menangani setiap masalah kesehatan yang ada pada balita Anda dengan penanganan yang tepat agar supaya bisa di cegah terjadinya penyakit yang lebih serius. Dengan begitu Anda tidak akan mendapatkan dampak bahaya dari penyakit yang di timbulkan terutama karena perubahan cuaca yang terus berganti.

Beberapa balita memiliki kekebalan tubuh yang bagus dan beberapa yang lainnya tidak sehingga sangat rentan untuk terkena penyakit. Namun sebaiknya semua ibu mengetahui bagaimana cara untuk menjaga kesehatan balita mereka agar supaya bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit terutama yang sering menyerang di musim penghujan atau pancaroba. Untuk melakukannya memang di perlukan sosialisasi terutama karena banyak ibu baru yang baru mengenal dunia anak sehingga mereka sangat awam tentang dunia kesehatan anak.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan anak balita terutama di musim penghujan.

  • Biasakan mencuci tangan

Setiap anak balita pasti akan menyentuh segala sesuatu yang menarik perhatiannya dengan menggunakan tangan mungil miliknya. Untuk itu usahakan setiap balita Anda selesai bermain biasakan untuk mengajarinya mencuci tangan agar supaya bakteri atau kuman yang menempel bisa hilang dan tidak mengganggu kesehatan balita Anda.

  • Biasakan tidur siang

Balita ataupun anak-anak masih sangat membutuhkan tidur siang meski mereka menginginkan untuk bisa terus bermain dengan teman-temannya. Dengan melakukan tidur siang maka balita Anda bisa beristirahat yang sangat berpengaruh besar pada pertumbuhannya kelak.

  • Biasakan makan dengan teratur

Meski mereka masih balita namun jika Anda sudah membiasakan untuk memiliki pola makan yang teratur seperti 3 kali dalam sehari dengan porsi sesuai untuk mereka maka mereka akan memiliki kesehatan pencernaan yang bagus. Banyak sekali masalah kesehatan yang ternyata bersumber dari masalah pencernaan yang di akibatkan karena tidak memiliki pola makan yang baik. Dengan membiasakan memiliki pola makan yang teratur dan baik maka balita akan memiliki daya tahan tubuh yang bagus serta terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang bisa menyerangnya.

Related posts: