Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

tips kesehatanIndonesia adalah salah satu negara yang masuk ke dalam negara tropis. Negara tropis memiliki 2 buah musim yaitu musim dingin dan musim hujan. Ketika musim hujan datang, banyak orang yang mengalami berbagai macam gangguan kesehatan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada musim hujan udara di sekitar menjadi lebih lembab dari pada biasanya. Hal ini membuat semakin banyak bakteri serta kuman yang berkembang biak dengan mudah. Selain itu, perubahan musim yang terjadi juga membuat tubuh harus menyesuaikan dengan lingkungan yang menyebabkan sistem imunitas di dalam tubuh menjadi menurun. Tentu hal ini membuat tubuh menjadi sangat rentan terkena penyakit. Tidak heran jika banyak orang yang mengalami sakit seperti flu, demam, gatal, dan lain sebagainya.

Cara Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan di saat musim hujan. Cara yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai salah satu nutrisi tubuh yang akan membuat tubuh lebih kebal terhadap beberapa hal yang menyebabkan kesehatan menurun. Vitamin C dijadikan sebagai salah satu antioksidan yang akan berfungsi untuk mencegah terjadinya reaksi radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai macam efek yang kurang baik seperti penuaan dini, mutasi gen, sampai dengan kanker. Anda dapat memperoleh vitamin C dari buah-buahan. Selain itu, Anda juga dapat memperolehnya dari beberapa suplemen tubuh lainnya. Cara yang kedua adalah dengan cara menjaga kondisi tubuh tetap bersih. Organ tubuh yang kotor akan menyebabkan jalan yang mudah untuk bakteri dan kuman masuk ke dalam tubuh.

Cara yang ketiga adalah dengan menjaga kondisi lingkungan tetap bersih. Lingkungan yang kotor dan lembab akan menjadi sebuah tempat yang nyaman untuk bakteri dan kuman tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus pandai dalam menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh. Cara yang keempat adalah dengan menjaga perabotan makan tetap bersih. Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh di saat musim hujan.

Related posts: