Menjaga Kesehatan Organ Jantung

tips kesehatanJantung merupakan salah satu organ dalam yang berperan sangat penting bagi tubuh. Jantung berfungsi untuk memompa darah yang mengandung banyak oksigen ke seluruh tubuh dan memompa darah yang kaya akan karbon dioksida ke paru-paru. Selain membawa oksigen, darah yang dipompa oleh jantung juga membawa berbagai macam nutrisi yang akan dialirkan pada setiap organ tubuh. Oleh karena itu, memiliki jantung yang sehat dan kuat sangatlah penting. Kurangnya memperhatikan kesehatan jantung dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada jantung. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat dan kuat, beberapa tips tersebut diantaranya adalah:

  1. Olahraga yang teratur

Dengan berolahraga secara teratur akan membantu memperkuat otot jantung serta memperlancar peredaran darah. Olahraga yang dimaksud tidak selalu dengan olahraga yang berat dan ekstrem, olahraga kecil seperti jalan santai, yoga, dan jogging juga bisa dilakukan untuk menjaga kondisi jantung tetap sehat. Untuk Anda yang menderita penyakit jantung, Anda dapat melakukan beberapa olahraga ringan tersebut.

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai nutrisi bagi tubuh akan membantu memelihara kesehatan jantung. Namun, Anda perlu mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Makanlah makanan yang rendah lemak, rendah garam, dan juga makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan laut. Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan laut akan membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung, menurunkan kolesterol jahat, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Tidak merokok

Kebiasaan merokok tentulah sangat berbahaya bagi jantung. Rokok mengandung begitu banyak zat kimia yang berbahaya bagi tubuh termasuk jantung. Kandungan zat kimia tersebut akan merusak sel pada arteri yang akan memicu terjadinya peradangan dan meningkatkan kadar kolesterol pada jantung. Selain bahaya pada jantung, rokok juga dapat menyebabkan beberapa penyakit lain seperti kanker dan kerusakan paru-paru.

  1. Tidur dengan cukup

Tidur yang kurang akan membuat jantung Anda terus bekerja. Meskipun jantung merupakan salah satu organ yang selalu aktif bekerja, namun Anda bisa memperingan kerja jantung dengan tidur yang cukup. Kerja jantung yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan kalsium yang akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada jantung.

Menjaga kondisi agar tidak stress yang berlebihan juga akan membantu kesehatan jantung. Demikianlah beberapa tips tentang bagaimana menjaga jantung agar tetap sehat.

Related posts: