Obat Cina Sebagai Ramuan Herbal

obat herbalMendengar kata herbal, yang sering muncul di benak kita adalah alami, yang berarti herbal adalah yang berasal dari alam. Salah satu sistem pengobatan yang masih sering menggunakan bahan-bahan alam adalah obat cina. Dimana pengobatan tradisi cina ini biasanya dibuat dengan mencampurkan bahan-bahan alam, selain manfaatnya yang luar biasa, pengobatan ala cina juga jauh dari bahan kimia, sehingga tidak akan membahayakan tubuh serta aman untuk tubuh. Hal ini mengakibatkan pengobatan tradisional ala cina sekarang telah dikembangkan bersamaan dengan teknologi kedokteran barat yang canggih di rumah sakit berkelas internasional.

Keherbalan Obat Cina

Pengobatan tradisional cina merupakan salah satu pengobatan klasik di cina yang telah berkembang cukup lama yaitu sekitar beribu tahun yang lalu. Pengobatan ini biasanya meliputi pengobatan herbal, pengobatan akupunktur, serta pengobatan dengan pijat. Praktisi dari obat cina ini menggunakan berbagai macam tumbuhan, dimana kurang lebihnya ada 600 jenis tumbuhan yang diracik dan dicampurkan kemudian diolah menjadi obat yang setidaknya dapat mengobati keseimbangan antara energi dengan penyakit. Pengobatan tradisional ini percaya bahwa penyakit yang ada di tubuh manusia ini berkaitan dengan lingkungan sekitarnya, disebabkan karena ketidak seimbangan antara lingkungan dengan tubuh kita sehingga menyebabkan timbulnya penyakit, yang kemudian sistem pengobatannya menggunakan gejala tidak harmonisan yang kemudian digunakan dalam pemahaman, pengobatan dan juga pengobatan penyakit.

Pengobatan tradisional cina biasanya menggunakan obat cina yang bahan dasarnya bisa menggunakan bahan yang berasal dari tumbuhan bisa juga yang berasal dari hewan. Contoh tanaman yang biasanya digunakan sebagaiĀ  bahan dasar dari ramuan obat-obat tradisional yaitu ginseng, jahe, cengkeh, sereh dan berbagai macam tumbuhan lainnya yang mengandung kandungan yang baik untuk kesehatan serta memiliki zat aktif yang dipercaya oleh masyarakat cina mampu menjaga kesehatan dan dijadikan sebagai ramuan dalam pengobatan. Sedangkan ramuan lainnya ada juga yang berasal dari hewan tergantung pada mineral dan bagian-bagian lain dari hewannya seperti kulit tiram, tanduk rusa dan masih banyak lagi bagian dari hewan yang dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional cina ini. Tidak hanya mineral, kandungan protein dan zat-zat lain pada hewan juga bisa digunakan sebagai bahan dasar dari obat pada pengobatan tradisional cina.

Related posts: