Panglima TNI Sederhana

Gatot NurmantyoSeperti yang kita tahu bahwa panglima yang sangat sederhana memang ada pada diri Jenderal Soedirman yang memang pada saat itu menjadi salah satu panglima tertinggi yang ada di Indonesia dan mengambil komando perang gerilya yang sangat bagus saat itu. Dengan kesederhanaan beliau juga ternyata sempat ada cerita bahwa pada waktu perang gerilya pasukan Belanda sangat geram dan marah bahkan ingin membunuh sanga Jenderal. Belanda akhirnya menemukannya tetapi kaget bahwa jenderal yang mereka kenal selama ini sangatlah lugu dan polos serta sangat sederhana berbeda dengan jenderal-jenderal yang lainnya sehingga banyak dari mereka yang tidak percaya bahwa itu Jenderal Soedirman sehingga tak jadi membunuhnya. Hal tersebut membuat mereka kecewa karena ada 1 mata-mata sang jenderal yang memberikan kabar keberadaannya bersama jenderal, tetapi akhirnya sang mata-mata ditembak mati oleh Belanda.

Bagaimana Panglima TNI Sederhana?

Dari peristiwa tersebut kita bisa meneladani sikap Jenderal Soedirman yang penuh dengan kesederhanaan dan tanggung jawab terhadap bangsa dan negara sehingga sangat membantu dalam proses perlawanan terhadap Belanda sehingga akhirnya Belanda menyerah karena logistik dari mereka pada waktu itu juga habis sehingga dapat dijadikan sebagai siasat yang sangat bagus dalam berperang gerilya. Akhirnya pasukan Soedirman dapat menaklukkan Belanda dan mereka menyerah serta kembali ke pangkalan militer masing-masing sehingga pada akhirnya setelah semua situasi kembali normal maka jenderal memutuskan untuk kembali ke Jogja bersama panglima TNI. Pada waktu itu banyak panglima dari TNI yang muncul setelah Jenderal Soedirman.

Peristiwa tersebut menjadi teladan bagi kita semua dalam melakukan berbagai siasat yang ada serta dengan kesederhanaan yang kita miliki bukan berarti kita tidak bisa menjadi orang yang cerdas dalam berbagai hal apa pun serta juga bukan berarti kita tak bisa menjadi pribadi yang tegas. Justru dengan kesederhanaan itulah kita bisa memunculkan sifat-sifat bagus yang lainnya karena kesederhanaan yang kita miliki memang tak seberapa jika dibandingkan dengan panglima besar Soedirman sebagai pimpinan tertinggi panglima TNI.

Related posts: