Peluang Bisnis Beternak Ayam Kampung

peluang usahaKenapa memilih beternak ayam kampung? Sebab pemeliharaannya cukup mudah sehingga dapat dijadikan usaha sampingan bagi karyawan kantoran. Selain itu modal yang diperlukan juga tidak terlalu banyak, sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja. bisnis ini cukup menggiurkan dan juga menguntungkan. Sebab minat masyarakat akan ayam kampung cukup banyak meskipun harga sedikit lebih mahal dari ayam potong biasa berjenis broiler. Lagi pula rasa dari ayam kampung lebih enak dan gurih. Lebih lagi kandungan nutrisi yang ada dalam ayam kampung dapat menyehatkan dan lebih banyak dari ayam negeri. Beternak ayam kampung bisa menjadi batu loncatan untuk beternak ayam lainnya atau bahkan beternak bebek yang pemeliharaannya juga tidak terlalu rumit.

Memulai Bisnis Beternak Ayam Kampung

Untuk memulai mungkin Anda membuat kandang dengan ukuran yang disesuaikan dengan jumlah ayam yang ingin diternak. Tempatkan di tempat yang teduh dan dipisahkan kandang untuk betina yang sedang bertelur. Hal ini akan membuat ayam betina nyaman sebab ayam betina yang baru bertelur sangat sensitif. Kebersihan kandang juga harus tetap terjaga agar ayam akan selalu sehat. Usahakan dalam 1x dalam seminggu kandang disemprot dengan cairan anti hama. Gunakan cairan anti hama yang aman untuk ayam juga keluarga Anda. Kemudian untuk selalu membersihkan kandang dari kotoran ayam agar tidak menimbulkan bau yang menyengat yang dapat mengundang lalat atau juga serangga lainnya.

Untuk makanan ayam kampung ini sebenarnya sangat fleksibel dan tidaklah sulit sebab Anda bisa memberikan makanan berupa jagung, beras bahkan sisa makanan yang ada di rumah Anda. Anda juga bisa memberikan dedak untuk makanan ayam yang tentunya memiliki vitamin dan nutrisi tambahan. Yang penting makanan tersebut tidak berjamur sehingga kesehatannya tetap terjaga. Ayam kampung banyak diminati ketika pada hari perayaan seperti hari lebaran, pesta pernikahan atau acara tradisional lainnya. Selain dagingnya yang dapat dikonsumsi, telur ayam kampung pun juga banyak yang meminatinya karena kandungan gizinya yang tinggi. Apalagi sistem pemeliharaan dan perawatannya sangat mudah dan tentunya tidak memakan waktu Anda. Sehingga akan cocok sebagai usaha sampingan.

Related posts: