Peluang Usaha Budidaya Ikan Cupang

peluang usahaIkan cupang (Betta sp.) merupakan salah satu ikan hias yang banyak diminati di pasaran serta mudah perawatannya. Hal ini menjadikan budidaya ikan cupang menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan, khususnya bagi para pemula dalam bidang wirausaha, karena budidaya ikan cupang tidak membutuhkan banyak modal dan tempat yang terlalu luas. Budidaya ikan cupang juga bisa menjadi lahan usaha sampingan. Salah satu keistimewaan ikan ini adalah daya tahan tubuhnya yang mampu bertahan hidup dalam air yang terbilang minim oksigen. Selain itu, ikan ini juga dapat hidup dengan baik dalam wadah yang relatif kecil seperti toples atau botol. Secara umum, ikan cupang terbagi menjadi dua macam yaitu cupang hias dan cupang adu.

Memulai Budidaya Ikan Cupang Sebagai Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Sebelum memulai peluang usaha budidaya ikan cupang, ada baiknya kita pahami dulu bagaimana ciri-ciri indukan ikan cupang jantan dan betina. Indukan cupang jantan memiliki bentuk dan warna tubuh yang indah dan menarik, gerakannya lincah, sirip-siripnya mengembang lebih lebar, dan tubuhnya juga lebih besar. Sedangkan indukan betina pada umumnya memiliki sirip dan ekor yang lebih pendek, warnanya agak kusam, dan memiliki tubuh yang lebih kecil namun perutnya lebih buncit. Hal ini dikarenakan ikan betina menyimpan telur di dalam perutnya. Setelah kita mengetahui perbedaan indukan jantan dan betina, pastikan juga kita memilih indukan yang berkualitas. Indukan yang berkualitas berasal dari keturunan unggul, kondisinya sehat, bebas penyakit atau cacat lahir.

Setelah kita mendapatkan indukan cupang, kita bisa memulai peluang usaha budidaya ikan cupang. Perlu diketahui, ada baiknya kita menyiapkan lebih dari satu pasang indukan dengan tujuan untuk mengantisipasi jika satu pasang ikan tidak saling cocok, maka kita bisa pasangkan ke ikan lainnya. Peralatan yang dibutuhkan untuk memijah ikan cupang pun terbilang cukup sederhana. Kita hanya memerlukan sebuah wadah yang agak luas seperti baskom atau akuarium sebagai breeding tank, serta sebuah wadah kecil untuk tempat ikan betina sebelum disatukan dengan pejantan. Proses pemijahan pun tidak memakan banyak waktu, hanya sekitar 2-3 hari.

Related posts: