Pemanfaatan Maksimal Halaman Rumah

Halaman rumah merupakan lahan kosong yang berada di sekitar rumah kita. Halaman rumah biasanya dihias sedemikian rupa untuk memberikan kesan lingkungan yang asri dan indah di rumah kita. Namun, akan sangat disayangkan jika halaman tersebut hanya ditanami dengan rumput atau tanaman hias saja. Akan lebih bermanfaat jika halaman rumah juga ditanami dengan berbagai tumbuhan yang menghasilkan seperti buah, sayur, atau tanaman holtikultura.

Pemanfaatan Halaman Rumah Secara Maksimal

Konsumsi buah dan sayur yang cukup memang sangat bagus untuk menunjang kesehatan tubuh kita, terlebih untuk anak-anak dan orang tua yang rentan terhadap kolesterol. Daripada selalu beli, akan lebih hemat jika kita memanfaatkan halaman rumah menjadi lahan tanam buah dan sayur tersebut. Lahan yang sempit tidaklah menjadi masalah karena ada banyak media yang dapat digunakan untuk menanam tanaman-tanaman tersebut. Bahkan, barang-barang bekas juga bisa kita gunakan untuk menanam berbagai jenis buah dan sayur di halaman rumah.

Lahan Tanam Dari Potongan Kayu

Potongan kayu yang tidak digunakan, bisa kita gunakan sebagai penyekat untuk membuat lahan tanam jenis tanaman tertentu. Tidak perlu lahan yang terlalu luas, ukuran 1 meter persegi juga sangat cukup untuk menanam satu jenis tanaman. Bentuk potongan kayu menjadi segi empat, dan buat sedikit meninggi sehingga terbentuk seperti kotak kayu segi empat. Isi kotak kayu tersebut dengan tanah gembur yang subur dan tanami benih tanaman sesuai keinginan.

Menanam Di Pipa Bekas

Pipa sisa pembuatan saluran air juga dapat kita manfaatkan sebagai media tanam yang sangat pas untuk berkebun di halaman rumah yang sempit. Lobangi pipa dengan diameter yang tidak terlalu besar sebagai tempat untuk menanam. Kemudian isi pipa dengan tanah subur yang telah diberikan pupuk. Tanami berbagai jenis sayur atau buah yang ingin di tanam dan rawat dengan baik.

Untuk menghemat tempat, pipa-pipa berisi benih tanaman yang siap tumbuh dapat digantung atau disusun secara vertical. Dengan demikian, kebun yang kita buat pada media pipa bekas tidak akan memakan banyak ruang. Beberapa sayuran yang dapat ditanam pada media pipa antara lain selada, muncang, cabai, sawi, dan lain sebagainya.

Related posts:

by