Pembicara Seminar Proposal

pembicara seminarSalah satu masa yang paling menyenangkan dalam hidup kita adalah masa perkuliahan. Pada masa ini kita bisa belajar banyak hal yang sebelumnya tidak kita dapatkan ketika kita berada di bangku sekolah seperti SMP dan SMA. Banyak hal yang bisa kita pelajari seperti berorganisasi, berinteraksi dengan teman lainnya yang berasal dari daerah lainnya dan yang terpenting pada masa ini kita belajar mandiri. Masa seperti ini sangatlah menyenangkan namun mau tidak mau masa seperti ini harus berlalu yaitu dengan adanya kelulusan. Biasanya sebelum dinyatakan lulus kita harus melewati yang namanya tahap skripsi yang mana di dalamnya terdapat berbagai tahap salah satunya yaitu seminar yang mengharuskan kita menjadi pembicara seminar kita sendiri.

Berlatih Sebelum Menjadi Pembicara Seminar Proposal

Agar acara seminar kita berjalan dengan lancar ada baiknya kita selaku pembicara seminar mempersiapkan hal tersebut dengan matang. Pelajari terlebih dahulu isi dai materi yang akan kita bawakan. Selain sebagai pembicara dengan adanya penguasaan materi tadi kita yang merangkap sebagi penjawab dalam sesi tanya jawab akan lebih mudah dalam menjawab berbagai macam pertanyaan yang menyangkut materi kita tadi. Selain memahami isi materi kita ada baiknya kita juga berlatih berbicara, hal ini bertujuan agar pada saat kita menyampaikan materi di depan orang lain kita tidak merasa gugup dan dapat berbicara dengan sangat lancar. Agar materi yang kita bawakan tepat sasaran sebaiknya catat beberapa poin penting dalam kertas kecil sebagai pengingat.

Walaupun seminar yang kita bawakan bukan berskala besar namun ada baiknya kita sebagai pembicara seminar kita memasang wajah yang ceria. Dengan aura yang ceria tadi dijamin dapat membuat dosen pembimbing, penguji bahkan para peserta seminar merasa senang dengan seminar anda. Untuk menghindari kesalahan ketika melakukan seminar ada baiknya periksa kembali proposal Anda apakah ada yang kurang atau tidak hal ini untuk menghindari yang namanya pertanyaan dari para peserta lain sehingga dengan begitu kesalahan yang Anda buat tidak terlalu banyak dan berpengaruh pada nilai seminar anda

Related posts: