Pembuatan Surat Pemberitahuan Yang Benar

Jika Anda baru bekerja di sebuah instansi pendidikan ataupun instansi pemerintahan dan disuruh membuat surat pemberitahuan, rasa bingung pasti akan muncul. Untuk itu contoh surat pemberitahuan pun dibutuhkan agar rasa bingung hilang dan Anda pun bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan cepat. Surat pemberitahuan itu merupakan surat resmi yang di dalamnya berisikan kegiatan yang memang akan dilaksanakan pihak terkait. Selain mengumumkan tentang sebuah rencana kegiatan, tujuan dikeluarkannya surat pemberitahuan yaitu, untuk permohonan izin pada orang tua agar putra-putrinya diperbolehkan untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang diselenggarakan pihak sekolah.

Contoh Surat Pemberitahuan Yang Perlu Diperhatikan

Dalam contoh surat pemberitahuan, terdapat sejumlah hal yang perlu Anda cantumkan di dalamnya seperti. Beberapa hal penting tersebut, rinciannya sebagai berikut:

  • Harus terdapat kop surat
  • Nama serta alamat yang dituju
  • Pembukaan surat dan tidak lupa juga salam pembukanya
  • Isi. Dalam isi ini akan dituliskan maksud serta tujuan mengapa surat pemberitahuan tersebut dikeluarkan, tempat kegiatan, waktu kegiatannya dan juga rincian lain terkait dengan isi surat pemberitahuan
  • Penutup surat. Umumnya akan berisikan ucapan terima kasih serta salam penutup
  • Nama terang dan di bagian atasnya terdapat tanda tangan

Selain point-point di atas, masih terdapat beberapa macam hal lain yang tentunya tak kalah penting untuk diperhatikan ketika menulis surat pemberitahuan. Pertama, dalam penulisan surat harus menggunakan bahasa yang tepat dan baik (menggunakan bahasa yang baku). Selain itu Anda juga tidak perlu muter-muter dalam menjelaskan isi di dalam suratnya. Anda harus mengutarakannya secara singkat tentang maksud dan tujuan suratnya. Sehingga para pembaca bisa lebih mudah memahami. Kemudian yang terakhir, Anda harus menggunakan rangkaian kata yang sopan. Demikian beberapa macam hal yang harus diperhatikan dalam contoh surat pemberitahuan. Jika Anda membutuhkan contoh kata-katanya, maka sekarang bisa langsung search di mesin Google. Di dalam sana sudah tersedia begitu banyak contoh kalimat yang bisa Anda contoh untuk surat pemberitahuan. Sekian infonya, semoga membantu.

Related posts:

by