Pengaruh Penggantian Alat Bantu Perikanan

Kementerian Kelautan dan Perikanan telah banyak melakukan tindakan yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi laut Indonesia. Seperti yang kita tahu, Pemerintah kini tengah gencar memerangi kasus pencurian ikan. Banyak kapal nelayan asing yang tidak memiliki izin diberi tindakan. Ternyata upaya ini juga berlaku bagi nelayan lokal berkaitan dengan alat bantu perikanan. Nelayan diharapkan dapat mengikuti aturan baru mengenai pergantian beberapa jenis alat tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan.

Perikanan Dan Kelautan Yang Lebih Baik

Para kelompok nelayan banyak yang tidak setuju atau menentang keputusan ini. Dari sudut pandang pemerintah, diharapkan bahwa peraturan ini dapat membawa manfaat jangka panjang. Manfaat ini diharapkan dapat membuat sumber daya laut Indonesia tidak rusak dan nelayan terus dapat menikmati hasil laut.

Pengaturan penggunaan alat bantu perikanan berupa alat tangkap ikan yang ramah lingkungan akan mengurangi dampak kerusakan ekosistem laut. Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, hal ini merupakan sebuah langkah yag tepat untuk memperbaiki kondisi perikanan di Indonesia. Bagaimana bisa? Cara penangkapan ikan yang benar dapat meningkatkan kualitas produk perikanan. Sehingga, nelayan pun akan memperoleh pendapatan yang lebih baik.

Bentuk Bantuan Pemerintah

Pemerintah tidak tinggal diam untuk membantu terlaksananya program ini. Pemerintah dan lembaga yang berkaitan tengah berusaha memberi solusi bagi para nelayan.

  • Bantuan Alat Tangkap Ramah Lingkungan

Pertama, nelayan akan diberikan bantuan berupa alat tangkap ikan yang ramah lingkungan. Ada lebih dari 1000 unit alat tangkap pengganti trawl atau cantrang. Alat bantu alternatif ini diharapkan lebih sesuai dengan kebutuhan para nelayan. Total ada 89 jenis alat tangkap ramah lingkungan yang dapat menyesuaikan kebutuhan nelayan. Pemerintah memberikan gillnet millennium kepada beberapa nelayan lokal.

  • Bantuan Perbankan

Bagi jenis kapal tertentu pemerintah tidak akan memberikan bantuan langsung berupa alat tangkap. Namun, pemerintah telah bekerja sama dengan perbankan untuk memberikan pinjaman pada nelayan. Bantuan dana ini diharapkan mampu membantu nelayan untuk mengganti alat tangkap.

Bagaimanapun, aspirasi berbagai pihak harus ditampung secara keseluruhan. Mengingat alat bantu perikanan akan sangat berpengaruh pada pendapatan dan kesejahteraan nelayan Indonesia.

Related posts: