Pengertian Tentang Industri Kreatif

peluang usahaPemikiran-pemikiran kreatif bukanlah suatu pemikiran yang bisa dihargai murah. Banyak orang kini berlomba-lomba menjalankan sebuah usaha berdasarkan pemikiran yang tidak biasa, unik, dan belum pernah ada. Jenis usaha tersebut yang biasa disebut industri kreatif mulai berkembang dan mendapatkan perhatian yang serius. Terlebih lagi, industri kreatif cukup berperan penting dalam memberikan kontribusi pada ekonomi Indonesia. Lalu apa sebenarnya industri kreatif itu? Dan apa saja sektor yang masuk di dalamnya?

Industri kreatif merupakan industri yang berasal dari pemanfaatan sebuah pemikiran kreatif, keterampilan, dan juga bakat individu dalam menciptakan kesejahteraan dan juga lapangan pekerjaan melalui sebuah penciptaan dan memanfaatkan daya kreasi juga daya cipta perorangan. Definisi tersebut menurut Departemen Perindustrian RI berdasarkan buku Pengembangan Industri Kreatif Indonesia 2025.

Sedangkan sektor-sektor yang masuk di dalamnya ada 14 sektor, diantaranya: Periklanan, Arsitektur, Pasar barang seni, Kerajinan, Desain, Fashion, Video/ Film dan Fotografi, Permainan interaktif, Musik, Seni pertunjukan, Penerbitan dan percetakan, Layanan komputer, Televisi dan radio, Riset dan pengembangan.

Walau sebelumnya sektor ekonomi kreatif belum dikelola dengan begitu terkoordinasi secara baik, kini sektor ini telah diangkat oleh pemerintah untuk dikelola hingga tingkat kementerian. Dengan pengelolaan yang terkoordinasi tentu akan sangat membantu para insan kreatif di Indonesia untuk terus berkembang. Peningkatan kerja, penelitian dan pengembangan, serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak juga akan terus ditingkatkan oleh Kemenparekraf. Banyak sekali hal yang telah dilakukan pemerintah guna membantu pelaku industri kreatif agar lebih sejahtera.

Dengan banyaknya bidang industri kreatif tentu saja bukan menjadi alasan orang Indonesia untuk tidak berkembang. Banyak sekali pilihan untuk memulai menjalankan sebuah bisnis yang tidak hanya menguntungkan, tapi juga menyenangkan. Disamping itu, industri kreatif Indonesia juga diramalkan akan memiliki masa depan cerah dengan adanya dukungan dari pemerintah, dan tidak bisa dikesampingkan juga peran generasi muda yang terus berkreasi.

Jadi teruslah mengasah pikiran-pikiran yang ada agar menghasilkan sebuah karya kreatif yang bisa dihargai orang banyak sebagai jalan menuju kesejahteraan hidup.

Related posts: