Penggolongan Alat Musik Berdasarkan Sumber Suara

Memainkan alat musik merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika suara beberapa alat musik ini digabungkan menjadi satu. Maka suara yang dihasilkan akan sangat merdu dan indah. Dengan memainkan alat musik, maka pikiran yang sedang penat dan kalut akan segera hilang. Karena memainkan alat musik sama halnya dengan hiburan. Untuk itu, jika ingin bisa memainkan alat musik, maka tentukan terlebih dahulu alat musik mana yang ingin dikuasai.

5 Alat Musik Sesuai Dengan Sumber Bunyi

Jika Anda ingin memiliki alat musik sendiri, maka sebelumnya Anda cari tahu terlebih dahulu mengenai harga alat musik yang ditawarkan. Jika Anda sudah cocok dengan harganya, maka Anda bisa langsung membelinya dan berlatih. Ada beberapa kategori alat musik yang diklasifikasikan sesuai dengan sumber bunyi. Adapun penggolongan alat musik tersebut adalah sebagai berikut.

Pertama adalah yang disebut dengan idiofon, yakni alat musik yang mana sumbernya asalnya dari bahan dasar yang membentuknya. Alat musik idiofon ini contohnya adalah drum, kabasa, kolintang, dan angklung. Kedua adalah atau musik aerofon, yakni sumber suaranya berasal dari udara yang berhembus pada rongga alat musik tersebut. Adapun alat musik aerofon ini adalah seperti terompet, trombone, harmonica, dan seruling.

Ketiga yakni alat musik kordofon, yaitu alat musik yang memiliki sumber bunyi dari dawai atau senar. Pasti alat musik yang satu ini banyak sekali yang mengetahuinya. Bahkan salah satu contoh alat musik kordofon ini menjadi salah satu alat musik yang sangat popular di berbagai kalangan, yakni gitar. Contoh alat musik kordofon lainnya adalah sitar, kecapi, piano, bass, dan biola. Untuk harga alat musik ini memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya, sesuai dengan kualitas dan mutu yang ditawarkan.

Penggolongan alat musik keempat adalah membranofon, yakni yang sumber suaranya asalnya dari membrane atau selaput. Contoh dari alat musik membranofon adalah drum, tam-tam, tifa, kendang, dan rebana. Kelima adalah alat musik elektrofon. Sesuai dengan namanya, maka alat musik ini sumber suaranya berasal dari listrik, sehingga jika tidak disambungkan dengan energy listrik, alat musik ini tidak akan berbunyi. Misalkan adalah  gitar listrik, piano listrik, keyboard, dan piano listrik. Jika Anda ingin mengetahui harga alat musik lebih lengkap, maka Anda bisa mengetahui informasi ini di berbagai sumber.

Related posts: